Tips Amankan Data BlackBerry Anda

Ilustrasi software
Sumber :
  • Dok: Hashmicro

VIVAnews - Mungkin sebagian besar pengguna BlackBerry di dunia ini merasa perangkat kesayangannya tersebut sangat aman. Pasalnya, sulit untuk meng-crack software yang ada di dalamnya. Meskipun ada, hanya segelintir orang yang mampu melakukannya.

Disney Plus akan Bertindak Tegas

Namun, apalah artinya sebuah keamanan tingkat tinggi yang dimiliki BlackBerry jika bisa ditembus dengan kesalahan penggunanya sendiri.

Memang tidak ada manusia yang ingin ditimpa bencana, seperti kehilangan atau rusak terlindas mobil. Tetapi, jika hal itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir kalau sudah menjalankan sejumlah tips yang diberikan oleh Research In Motion (RIM), sang produsen perangkat.

BRI Beri Pelayanan Optimal Melalui Layanan Digital dan Konvensional Selama Libur Idul Fitri 1445 H

Alex M, Security Product Manager Research In Motion (RIM), membagikan tips bagi para pengguna BlackBerry di seluruh dunia agar informasi dan data pribadi mereka tetap aman. Berikut ini tips yang ia tuliskan pada blog resmi BlackBerry, dan VIVAnews kutip, 26 Oktober 2009.

Segera Hapus Data & Informasi Anda!
Mengganti sebuah perangkat BlackBerry sama saja seperti menjual mobil bekas. Anda harus memastikan bahwa isinya telah bersih.

Kemendagri Minta Pemda Pisahkan Regulator dan Operator Pengelola Sampah

- Hilangkan data-data yang ada di dalam BlackBerry Anda. Tetapi, sebelumnya, Anda perlu membuat back-up data-data penting, seperti kontak atau informasi lainnya, ke dalam PC atau laptop Anda dengan menggunakan BlackBerry Desktop Manager. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa kunjungi link berikut.

- Jika Anda memiliki akun BlackBerry Internet Service, segera hubungi operator Anda dan minta mereka untuk menghapusnya. Karena, jika tidak, e-mail-email Anda akan tetap terkirim ke BlackBerry yang lama.

- Jika Anda memiliki perangkat BlackBerry korporat, mintalah kepada administrator TI di kantor untuk memindahkannya sekaligus setting ulang ke BlackBerry yang baru.

Lindungi Data & Informasi Anda!
Siapa pun tidak akan ada yang rela jika BlackBerry kesayangannya hilang dicuri. Namun, jika hal itu terjadi, setidak-tidaknya Anda tidak sekhawatir orang yang tidak melakukan tips-tips di bawah ini.

- Pastikan Anda telah memasang password. Bagaimana caranya, silahkan kunjungi link berikut ini. Secara default, seorang pencuri berkesempatan 10 kali untuk memasukkan password yang benar. Kalau begitu, pasanglah password yang sulit dan tidak mudah diingat masyarakat umum. Hindari password ‘ABCD’, ‘1234’, atau sandi sederhana lainnya.

- Gunakan Content Protection untuk mengenkripsi data-data personal yang ada di dalamnya. Anda bisa mengaktifkannya dengan memilih Options -> Security Options -> General Settings.

Ingat, langkah pertama yang harus Anda lakukan jika BlackBerry Anda hilang adalah menghubungi operator Anda untuk menonaktifkan kartu SIM (SIM card). Sementara jika Anda pengguna korporat, segera hubungi admin TI di kanor untuk mengaktifkan fitur-fitur keamanan dari jauh dengan remote dan menghapus data-data penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya