Google Bangga Bantu Temukan Tata Surya Mini

Perbandingan Tata Surya dengan sistem bintang Kepler-90
  • www.nasa.tumblr.com

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat telah mengumumkan kabar besar menutup tahun ini. NASA mengungkapkan ada Tata Surya mini pada sistem bintang Kepler-90.

Komet Raksasa sedang Menuju Tata Surya

Sistem bintang tersebut disebut sebagai Tata Surya mini karena NASA telah menemukan planet kedelapan, Planet Kepler-90i. Dengan terdiri dari delapan planet, maka sistem bintang Kepler-90 sama seperti komposisi planet Tata Surya.

Untuk menemukan Planet Kepler-90i, ilmuwan NASA melatih komputer untuk mengambil sinyal redup dari planet-planet kecil. Dalam menganalisis sinyal planet itu, ilmuwan NASA memanfaatkan teknologi mesin pembelajaran dari Google.

Dunia Tata Surya Geger, hingga Elon Musk Stres

Kontribusi Google itu membuat bangga Chief Executive Officer Google, Sundar Pichai. Bos Google itu menegaskan tim kecerdasan buatan Google bekerja sama dengan ilmuwan University of Texas at Austin (UT Austin) Amerika Serikat, dalam memburu planet luar Tata Surya.

Kolaborasi itu memanfaatkan mesin pembelajaran Google untuk mencari planet luar Tata Surya dalam data Teleskop NASA.

Dua Remaja Ini Bikin Geger Dunia Tata Surya

"Model kami dilatih pada 15 ribu sinyal untuk mengenali pola dari planet yang sebenarnya dan dari benda lain. Dan deteksi planet ini akurasinya 96 persen," ujar Pichai dikutip dari akun Twitternya, Jumat, 15 Desember 2017.

Mesin pembelajaran Google membantu NASA menemukan planet kedelapan dari sistem bintang Kepler-90, yakni Planet Kepler-90i.

"Ini contoh yang luar biasa bagaimana kecerdasan buatan bisa membantu penemuan sains baru," ujarnya.

Sistem bintang yang berjarak 2500 tahun cahaya dari bumi itu sebelumnya sudah diorbiti oleh tujuh planet. Dengan temuan planet kedelapan ini, maka sistem bintang Kepler-90 bisa dikatakan kembaran dari Tata Surya.

Dengan ditemukannya Kepler-90i, maka kembaran Tata Surya secara berurutan terdiri dari Kepler-90b, Kepler-90c, Kepler-90i, Kepler-90d, Kepler-90e, Kepler-90f, Kepler-90g, dan Kepler-90h.

Sistem orbit Kepler-90 dengan Tata Surya memang mirip, sama-sama terdiri dari satu bintang yang diorbiti delapan planet. Bedanya planet di sistem Kepler-90 lebih dekat dengan bintangnya dibanding planet-planet di Tata Surya yang mengorbit Matahari.