Satelit Telkom 4 Diluncurkan Mei 2018

Logo Telkom Indonesia.
Sumber :
  • www.telkom.co.id

VIVA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk mempercepat peluncuran Satelit Telkom 4. Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga mengatakan, Satelit Telkom 4 rencananya akan diluncurkan pada Mei 2018.

Satelit Telkom 4 Hampir Kelar, Kominfo Girang

"Mudah-mudahan bisa lebih cepat, karena tadi jadwalnya itu antara Juni ke Agustus. Kebetulan pabrikasi bisa lebih cepat sebulan, tinggal peluncurannya. Mudah-mudahan bisa Mei diluncurkan," ujar Alex ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Kamis 14 Desember 2017.

Satelit Telkom 4 diluncurkan sebagai pengganti Satelit Telkom 1 yang mengalami anomali.

Tiga Solusi Pulihkan Satelit Telkom 1

Untuk kontraktor utama pembuatan satelit, Telkom mempercayakan kepada Space System/Loral (SSL) dengan kontrak On Ground Delivery. Sementara itu, roket peluncurnya, Telkom menggunakan roket Falcon-9 dari SpaceX, perusahaan milik miliuner Amerika Serikat, Elon Musk.

Anomali atau gangguan yang terjadi pada Satelit Telkom 1 membuat heboh jaringan di Indonesia. Anomali terjadi 25 Agustus 2017. Akibatnya, beribu layanan ATM terganggu akibat anomali satelit Telkom 1.

Telkom Bantah Isu Satelitnya Hancur Lebur di Orbit

Hasil investigasi Telkom bersama Lockheed Martin, menyatakan Satelit Telkom 1 tidak bisa beroperasi lagi pada 30 Agustus 2017.

Pada 10 September 2017, pukul 00.00 WIB, Telkom menyatakan konektivitas pelanggan Satelit Telkom 1 telah pulih 100 persen dengan dialihkan ke satelit lain. Konektivitas 15.019 titik layanan pelanggan yang terdiri atas 11.574 titik layanan ATM maupun 3.445 titik non-ATM, telah dipulihkan sesuai target. (art)

Peluncuran BRI Satelit Mengorbit Untuk Melayani Negeri (Sumber: Arianespace, ESA & CNES).

Daftar Satelit Indonesia yang Sukses Diorbitkan Arianespace

Telkom tercatat paling banyak meluncurkan satelit.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2018