Cara Belanja Online Aman Saat Natal Tanpa Gangguan

Ragam Perayaan Natal Sejumlah Negara di Dunia.
Sumber :
  • REUTERS/Omar Sanadiki

VIVA – Hari Raya Natal bagi Umat Kristiani sebentar lagi. Layaknya Hari Raya Idul Fitri bagi Umat Islam, para pengguna lebih banyak berbelanja online, karena diskon dan promo menarik yang ditawarkan.

Antisipasi Penipuan! 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran 

Akan tetapi, asyik memburu harga murah melalui belanja online, jangan lupa perangkat sampai akses internet yang digunakan.

Perusahaan penyedia layanan dan solusi teknologi informasi, PT Dimension Data Indonesia, menyebut tiga tips aman ketika belanja online.

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

Pertama, perhatikan akses internet yang dipakai. Sebaiknya jangan menggunakan akses umum. Seperti menggunakan wifi gratisan, meski tergiur kecepatan akses internetnya, wifi umum rawan digunakan saat belanja online.

"Kita tidak tahu pada wifi gratisan ada 'penunggunya'. Bisa jadi mereka menyerap informasi (pengguna)," ujar Hendra Lesmana, direktur utama PT Dimension Data Indonesia, Rabu, 13 Desember 2017.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Kedua, pengguna mesti jeli menyaring penawaran menggiurkan lewat platform email. Hendra menyarankan jangan membuka attachment email dari alamat yang mencurigakan.

Ia lalu mencontohkan ada promo dan diskon menggiurkan dari brand atau merek ternama. "Nah, perhatikan betul alamat emailnya, huruf 'i' ada kata Indonesia sudah mencurigakan," jelasnya.

Ketiga, lanjut Hendra, sebaiknya gunakan perangkat untuk berbelanja yang sudah di-update software-nya.

"Perangkat smartphone, laptop, transaksi di mana-mana. Sebaiknya software sudah update dan pasang antivirus terbaru," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya