Habib Rizieq, Tokoh Terpopuler di Google Sepanjang 2017

Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.
Sumber :
  • ANTARA/Ramdani

VIVA – Menutup tahun ini, Google merilis Year In Search 2017, tren penelusuran paling tinggi di mesin pencarian selama tahun 2017 di Indonesia.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Dalam kategori pencarian tokoh sepanjang tahun ini, tokoh terpopuler pada tahun ini yaitu Habib Rizieq Shihab. Dalam pengukuran pencarian dari waktu ke waktu, Google Trends, ketertarikan warganet di Indonesia untuk mencari Habib Rizieq sudah mulai tinggi sejak awal tahun ini. 

Pencarian tentang Habib Rizieq, dari dua pekan terakhir Januari 2017 makin melonjak dan memuncak, seiring dengan munculnya kasus dugaan percakapan mesum dengan wanita bernama Firza Husein. 

Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?

Pada Februari sampai pekan pertama Mei 2017, pencarian Habib Rizieq di Google mulai menurun. Pekan kedua mulai 14-20 Mei 2017, pencarian Habib Rizieq melonjak lagi seiring perkembangan penanganan kasus dugaan percakapan mesum dan kaburnya pemimpin FPI itu ke luar negeri. 

Untuk lokasi pencarian Habib Rizieq, Tercatat paling banyak yakni warganet di Banten, DKI Jakarta, diikuti Jawa Barat, Aceh dan Bangka Belitung.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

trends/explore?date=2017-01-01 2017-12-31&q=Habib Rizieq&geo=ID

Habib Rizieq memang menjadi perhatian publik setelah beredarnya foto wanita tanpa busana dan pesan mesum Rizieq di situs baladacintarizieq.

Imam besar itupun ditetapkan sebagai tersangka. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Rizieq memilih bertahan di Arab Saudi. Tapi, melalui pengacaranya, Rizieq bersikukuh tidak bersalah dalam kasus yang juga menjerat wanita bernama Firza Husein.

Selama buron, Rizieq terus melakukan perlawanan secara pasif terhadap keputusan penyidik yang menetapkannya sebagai tersangka. Sayangnya, Rizieq tak berani berhadapan langsung dengan penyidik Polda Metro Jaya.

Dalam perjalanan kasus ini, kepolisian telah menetapkan Firza Husein dan Rizieq sebagai tersangka. Keduanya dijerat dengan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 6 junctoPasal 32 dan atau Pasal 9 juncto Pasal 35 Undang-undang nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

Firza Husein ditetapkan sebagai tersangka lebih dahulu, yakni pada pukul 22.00 WIB, Selasa, 16 Mei 2017. Sementara Rizieq baru ditetapkan sebagai tersangka pada pukul 12.00 WIB, Selasa, 29 Mei 2017. Sayangnya, selama ini hanya Firza Husein yang berhadapan dengan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. 

Di bawah pencarian Habib Rizieq, Google mencatat, pencarian Novel Baswedan populer kedua sepanjang tahun ini. Informasi penyidik KPK banyak dicari warganet memuncak pada 9-15 April 2017, seiring dengan insiden penyiraman air keras kepada Novel pada  usai salat subuh pada Selasa 11 April 2017.

Setelah Habib Rizieq dan Novel Baswedan, pengguna banyak mencari tahu tentang Anniesa Hasibuan, Jokowi, Anies Baswedan hingga Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya