Bulan Bertawaf di Atas Kabah Itu Hoaks

kabah.
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Kabar bulan mengelilingi Kabah dan langit berwarna biru muda beredar kembali. Kabar yang menyebar menyebutkan, fenomena tersebut termasuk langka, sebab muncul tiap 100 ribu tahun sekali. 

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin tegas menyebut kabar tersebut palsu, atau hoaks. 

Dia menuturkan, hoaks itu sudah tergolong lama dan terus menerus didaur-ulang. Thomas menjelaskan, fenomena bulan bertawaf Kabah mustahil terjadi.

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

"Tidak mungkin bulan berputar, atau bertawaf di sekitar Kabah. Gerak bulan hanya terbit sampai terbenam, yang gerakannya disebabkan oleh rotasi bumi dan orbit bulan mengitari bumi," jelasnya kepada VIVA, Rabu 13 Desember 2017. 

Kabar bulan bertawaf di atas Kakbah juga sudah lama tegas dibantah oleh Kepala Unit Penelitian Ilmu Antariksa Angkasa, Mohd. Fairos Asillam. Dia membantah hoaks itu pada 2010.

Cek Fakta: Surat Suara Pemilu 2024 Dicoblos Pihak Tak Berwenang di Malaysia

Dalam penjelasannya, Asillam senada dengan keterangan yang disampaikan oleh Thomas. 

"Bulan melintasi langit di atas Kakbah dan itu tidak akan mengelilingi (Kakbah) seperti yang diklaim. Bulan seperti biasa itu akan terbit di timur dan terbenam di barat," jelasnya dikutip dari laman Abuisaam.

Usut punya usut klaim dan hoaks bulan akan bertawaf di atas Kabah itu bersumber dari pernyataan mantan Direktur Umum Angkasa, Datuk  Mazlan Othman. Asillam menegaskan, klaim Othman itu tidak berdasar dan tegas tidak sahih. 

Untuk itu, Asillam berpesan kepada masyarakat agar senantiasa memeriksa situs yang kredibel terkait dengan informasi antariksa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya