Wow! Sehari, Orang China Belanja Rp343 Triliun di Alibaba

Festival belanja Single's Day Alibaba di Shanghai, China
Sumber :
  • Reuters/Aly Song

VIVA – Raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba berhasil mengalahkan pencapaian pesaingnya, JD.com dalam momen festival belanja Single's Day, atau yang diadopsi di Indonesia menjadi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Ocistok, Platform Startup E-Commerce RI Lebarkan Sayap Bisnis ke Negeri Tirai Bambu

Selama momen diskon belanja online besar-besaran pada 11 November lalu, Alibaba meraih nilai penjualan senilai US$25,4 miliar atau Rp343,24 triliun. Pencapaian Alibaba itu mengalahkan hasil dari JD.com yang membukukan penjualan dengan nilai US$8,5 miliar atau Rp113,4 triliun. 

Dikutip dari Qz.com, Selasa 14 November 2017, pencapaian Alibaba itu sudah tidak begitu mengejutkan, dengan melihat perkembangan penjualan yang diraih pada momen Single Day selama lima tahun terakhir. 

Sempat Hilang Ditelan Bumi, Jack Ma Kini Didepak dari Perusahaannya

Data Alibaba yang dikutip Qz.com menunjukkan, nilai penjualan pada Single's Day dari tahun ke tahun terus meroket. Pada 2012, penjualan pada Single's Day Alibaba mencapai hampir US$6 miliar, hampir US$10 miliar (2014), hampir US$15 miliar (2015), dan tahun lalu penjualan pada Single's Day Alibaba US$17,8 miliar.

Pada momen hari belanja tersebut, transaksi menggunakan metode pembayaran Alipay mencapai 256 ribu transaksi pembayaran. Pencapaian itu lebih dari dua kali dari puncak belanja pada tahun lalu.

Seberapa Canggih AI Generatif Milik Alibaba Cloud

Fakta lainnya, Alibaba memecahkan rekor sendiri pada Single's Day tahun ini. Alibaba mencapai pencapaian pada tahun sebelumnya, yakni US$17,8 miliar pada pukul 13.09 waktu setempat, atau hanya 13 jam setelah festival belanja itu dibuka. 

Selama festival belanja Single's Day, layanan pos China, State Post Bureau mengungkapkan mereka telah mengirimkan lebih dari 1 miliar paket yang dikirim ke seluruh penjuru negeri selama 11 November sampai 16 November 2017.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asy'ari angkat bicara terkait isu aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang terafiliasi Alibaba.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024