Masker Wajah Rp2 Juta Mampu Kelabui Face ID iPhone X

iPhone XS, XS Max, dan XR.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Perusahaan teknologi Apple Inc., mengklaim bahwa sistem keamanan Face ID pada iPhone X paling aman dan tidak mampu dibobol.

'Wajah' iPhone 16 Terungkap

Namun, perusahaan riset keamanan siber asal Vietnam, Bkav, mengklaim telah menampik klaim Apple. Dengan menggunakan masker wajah hasil cetakan 3D, Face ID iphone X bisa dibuka kuncinya.

Melalui keterangannya yang dikutip dari Engadget, Senin, 13 November 2017, Bkav menjelaskan bahwa masker wajah yang dipakai untuk pengujian merupakan hasil penggabungan cetak 3D dengan gambar 2D serta make-up.

Apakah Passkey Aman dari Hacker?

Selain itu, mereka melakukan memprosesan khusus di pipi dan sekitar wajah. "Untuk 'menipu' iPhone X dengan membuka kuncinya tak perlu mahal. Hanya membutuhkan US$150 (Rp2 juta)," demikian bunyi keterangan resmi Bkav.

Mereka melanjutkan bahwa mulai mengerjakan masker wajah ini pada 5 November, atau dua hari setelah peluncuran iPhone X.

iPhone Lawas Jangan Coba-coba Update iOS 17

Proyek ini sendiri memakan waktu sekitar lima hari. Sejatinya fitur pemindai wajah di ponsel pintar (smartphone) ini bukan hal yang baru.

Cara kerjanya adalah smartphone akan memindai wajah Anda dan menggunakannya sebagai kata kunci, dengan mengandalkan 30 ribu titik unik yang dikenalinya.

VIDEO:

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya