Cuaca Bagus, Venus Bisa Dilihat dari Seluruh Indonesia

Planet Venus
Sumber :
  • www.space.com/JAXA

VIVA – Penampakan Planet Venus dan Jupiter Senin pagi, 13 November 2017, ternyata bisa disaksikan dari seluruh bagian wilayah Indonesia. Seluruh wilayah di Indonesia akan bisa menikmati pemandangan ini jika cuaca cerah.

Ada Persamaan antara Bumi dengan Venus

"Venus akan tampak cemerlang yang dikenal sebagai Bintang Timur. Seluruh wilayah Indonesia bisa melihatnya kalau cuaca cerah," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin kepada VIVA, Minggu, 12 November 2017.

Seperti dilansir Mirror, Senin pagi planet Venus dan Jupiter akan terlihat bergandengan di langit bagian tenggara. Pemandangan langka ini bisa dinikmati tanpa perlu dilihat dengan teropong atau teleskop canggih.

Dua Benda Terbang dari Bumi Mau Mampir ke Venus

Ade Ashford dari Astronomi Now mengatakan, waktu yang tepat untuk menyaksikan Venus dan Jupiter adalah pagi hari sebelum matahari terbit.

"Waktu terbaik untuk melihat kedua planet tersebut, sekitar 40 menit sebelum matahari terbit pada Senin pagi (13 November)," ujar Ade.

5 Karakter Menonjol Anak yang Lahir Hari Jumat, Nomor 3 Paling Sweet

Bagi yang ingin melihat pemandangan ini maka jangan sampai telat. Sebab, bila terlambat atau saat matahri sudah terbit maka akan percuma. "Berhati-hatilah, jangan sampai terlambat. Planet tidak terlalu jelas jika langit sudah terang," katanya.

Dalam penampakan nanti, Venus dan Jupiter hanya akan berukuran sekitar 16 arcminutes atau sekitar setengah dari lebar bulan purnama. Namun, Venus dan Jupiter nanti bisa terlihat terang karena tanpa awan yang menyelimuti.

Hujan meteor.

Dua Peristiwa akan Terjadi Malam Ini

Dua peristiwa yang dimaksud adalah hujan meteor dan Bulan Perbani Awal, yaitu Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2022