Bitcoin Makin Diburu Dibanding Emas

Bitcoin.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Mata uang virtual kini makin populer dibanding emas. Fenomena itu terlihat dari tren pencarian di Google. 

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Berdasarkan data Google Trends, pengguna internet lebih sering mencari pencarian topik 'beli Bitcoin' dibanding pencarian 'beli emas'. Popularitas pencarian Bitcoin dibanding emas itu makin menambah deret kekalahan emas. Sebelumnya pada Maret tahun ini, nilai emas kalah dari nilai satu keping Bitcoin. Itu adalah untuk pertama kalinya nilai emas kalah dari investasi lainnya. 

Dikutip dari Cointelegraph, Jumat 10 November 2017, pada data Google Trends menunjukkan, pencarian topik 'beli Bitcoin' mulai menanjak setelah November tahun lalu. Sebaliknya pada waktu tersebut, pencarian 'beli emas' mulai turun. 

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

Pencarian 'beli Bitcoin’ mengalahkan dan pencarian 'beli emas' dan mencapai puncaknya sekitar April 2017. 

Popularits Bitcoin mengusik para investor yang selama ini fokus pada pasar saham di Amerika Serikat. 

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

"Banyak investor yang terganggu dengan kebisingan seputar Bitcoin dan mata uang kripto lainnya," jelas Direktur Riset BullionVault yang berbasis di Inggris, Adrian Ash. 

Pantauan BullionVault menemukan, perdagangan emas telah menurun 30 persen per bulan pada Oktober dibanding dengan rata-rata perdagangan tahunan. Tren ini muncul karena emas naik turun enam persen dari nilai tertinggi emas dalam satu tahun ini pada awal September. 

Nilai Bitcoin memang terus melonjak.  Pantauan di situs perdagangan Bitcoin.co.id, Sabtu, 4 November 2017, nilai 1 Bitcoin sudah menembus Rp98,5 juta.

Pencarian Bitcoin kalahkan emas di Google Trends
  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya