Mobile Internet Bentuk Pola Pikir Pengguna Indonesia

Generasi Z.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA –Peneliti perilaku konsumen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, BM Purwanto mengatakan, mobile internet membentuk pola pikir atau mindset dan gaya hidup masyarakat di Tanah Air.

Microsoft: Tidak Ada Negara Dapat Menang Pertempuran Siber Sendirian

Menurutnya, ada fenomena bahwa mobile internet mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Di sisi lain, terdapat kekhawatiran pula tentang 'overdosis' dari mobile internet lantaran menyasar anak-anak atau generasi Z.

"Karena 'gila' mobile internet, para orangtua sangat khawatir kalau kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi anak menurun, dibandingkan generasi X dan Y, " kata Purwanto di Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Ganti Baju demi Milenial dan Generasi Z

Tak hanya itu, ia mengatakan, hasil riset juga menunjukkan mobile internet telah memperluas kesempatan untuk mendapat tambahan pendapatan atau istilahnya moonlighting, seperti jual beli barang daring dengan menggunakan mobile internet.

"Mobile internet memperluas cakupan dan mengefisienkan bisnis serta meningkatkan produktivitas, " paparnya.

Rilis Lagu Baru, HIVI! Ajak Generasi Z Cerdas Literasi Digital

Purwanto pun berharap, hasil riset tersebut akan memberikan pemahaman mengenai perilaku penggunaan mobile internet, yang mana dampaknya bisa meminimalkan efek negatif serta memaksimalkan dampak positif dari keberadaan mobile internet.

Ilustrasi rumah/hunian.

Usia Konsumen Bergeser, Gen Z Mulai Berburu Rumah

Tak hanya milenial, Generasi Z atau Gen Z mulai mendominasi kelompok usia konsumen bisnis properti di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022