Tips dari Pemodal Teragresif Agar Startup Disuntik Dana

Konferensi pers Tech in Asia 2017
Sumber :
  • Dokumen Tech in Asia

VIVA – East Ventures termasuk perusahaan modal ventura paling agresif di Indonesia. Pemodal ini fokus pada pendanaan startup e-commerce dan teknologi finansial.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Startup eksis di Indonesia yang sudah diberi pendanaan East Ventures seperti Tokopedia, Traveloka, Scoop, Bridestory, BerryBenka dan lainnya.

Analis East Ventures, Elisa Suteja menyebutkan, fokus utama East Ventures memilih startup yang didanai adalah dilihat dari siapa sosok pendiri dan pasar yang dituju oleh startup itu.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

"Jadi kalau misalnya kita percaya founder dan market-nya, kita pasti invest," ujar Elisa ditemui di Kawasan Kuningan, Jakarta, Senin 23 Oktober 2017.

Elisa berbagi tips, agar startup kemudian disuntik dana oleh perusahaan modal ventura. Di mengatakan, startup harus mematangkan konsep.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pengalaman East Ventures, kata Elisa, banyak startup yang datang dengan konsep yang bagus, tapi masih kendala pada pasar bisnisnya.

"Pandai-pandai melihat marketing di Indonesia, karena ini sangat unik. Saat ini yang menarik, penetrasinya tinggi, konsumen banyak, jadi kita lihat secara makro market-nya bagus, tinggal pilih," kata Elisa.

Selain konsep yang berujung pada pasar, hal lain yang perlu diperhatikan, menurut Elisa, adalah ketepatan memilih mitra. Jangan sampai startup berhenti di tengah jalan akibat salah memiliki partner untuk menjalankan bisnis.

East Ventures sudah beroperasi di Indonesia sejak 2010. Tahun lalu mereka sudah mendanai 30 startup. East Ventures berkantor di Jakarta, Singapura, dan Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya