Smartfren Cicil Bikin Pusat Aplikasi Lokal Smart Store

Kantor Pusat Smartfren.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Operator sekaligus vendor smartphone, Smartfren berencana membuat inovasi Smart Store. Pusat aplikasi lokal yang dimiliki Smartfren itu, nantinya diterapkan pada perangkat-perangkat yang mereka kembangkan.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Vice President Device Sourching dan Management Smartfren, Hartadi Novianto mengatakan, Smartfren sudah mulai mencicil aplikasi yang nantinya bakal mengisi Smart Store. Dia mengatakan, saat ini ada empat aplikasi, yaitu Smart Music, Smart Clip, Smart Tones, dan Smart Pulsa.

"Kita kerja sama dengan developer yang ada di Indonesia, tetapi di bawah Smartfren," ujar Hartadi kepada VIVA.co.id, usai peluncuran Andromax Prime, di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Hartadi menyatakan, pengembangan empat aplikasi tersebut untuk tahap awal 'membangun' Smart Store. Namun, Hartadi belum memastikan kapan Smart Store akan diluncurkan.

Keempat aplikasi yang sudah dibuat oleh Smartfren sudah disematkan pada produk Andromax Prime, ponsel fitur besutan Smartfren tapi mendukung jaringan 4G LTE.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Andromax Prime masih mengadopsi tampilan ponsel dengan keypad Qwerty. Maka dari itu, Hartadi menyebutkan, Smartfren menyematkan aplikasi besutan mereka, sebab Andromax Prime tidak memiliki teknologi layar sentuh.

"Tidak mudah menjalankan aplikasi dengan keypad, maka kita buat aplikasi agar mudah digunakan," jelas Hartadi.

Dia menuturkan, pengguna yang memakai aplikasi Smart, seperti Smart Music dan Smart Clip diberi gratis selama dua minggu. Kemudian, dikenakan biaya setelahnya, sebesar Rp5 ribu per minggu.

Andromax Prime baru saja diluncurkan dan dibanderol dengan harga Rp 349 ribu. Selain perangkat mendukung jaringan 4G dan adanya aplikasi bawaan Smartfren, perangkat ini juga bisa mengakses WhatsApp, Facebook hingga YouTube.

Sistem operasi Andromax Prime, Android versi Lite dan prosesor dual core. Andromax Prime Dilengkapi kamera depan resolusi VGA dan kamera utama beresolusi 2 megapiksel. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya