Siapa Amalia Hernandez, Sosok yang Muncul di Google Doodle?

Google Doodle merayakan 100 tahun Amalia Hernandez.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA.co.id – Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-100 penari dan koreografer Amalia Hernandez. Ia mendirikan Ballet Folklorico de Mexico dan menggunakannya untuk berbagi budaya Meksiko kepada dunia.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Lahir pada 19 September 1917 di Mexico City, Hernandez mengembangkan semangat untuk tampil dan menari di awal kehidupan. Ia menjadi koreografer di Institut Seni Rupa Seni, di mana Hernandez mengajar tarian modern.

Hernandez kemudian mengalihkan perhatiannya pada tarian rakyat Meksiko tradisional. Ia menggabungkan tarian ini dengan gerakan koreografer yang lebih dari pelatihan formal, membantu menciptakan gaya tarian yang sama sekali baru yang dikenal sebagai baile folklorico.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Pada 1952, Hernandez mendirikan Ballet Folklorico de Mexico. Dimulai dengan delapan penari, rombongan ini berkembang menjadi lebih dari 300 tahun untuk diikuti.

Perusahaan tampil di televisi untuk pertama kalinya pada 1954, setelah itu mereka ditampilkan dalam siaran mingguan. Keberhasilan ini memungkinkan kelompok Amalia untuk tur ke Amerika Utara dan bahkan mewakili Meksiko di Pan American Games pada 1959.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Amalia-Hernandez-Navarro.

Amalia Hernandez.

Ballet Folklorico de Mexico masih eksis hingga saat ini. Sejak awal, kelompok ini telah menari hingga beranggotakan lebih dari 22 juta orang. Hernandez tetap terlibat dengan perusahaan tersebut sampai kematiannya pada 2000, bekerja sama dengan anak perempuan dan cucunya.

Hernandez dikenang sebagai duta budaya Meksiko yang warisannya bertahan melalui Ballet Folklorico. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya