Luncurkan Mobile Payment di India, Google Bidik Indonesia

Aplikasi Tez.
Sumber :
  • https://tez.google.com/

VIVA.co.id – Perusahaan teknologi Google semakin mengembangkan sayap bisnisnya. Kali ini, mereka meluncurkan layanan pembayaran mobile (mobile payment) terbaru yang disebut Tez.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

India adalah negara pertama di Asia yang menjadi pilot project Google. Mengutip situs Betanews, Senin, 18 September 2017, layanan ini merupakan pijakan awal Google terjun di dunia pembayaran digital di Asia.

Tez memungkinkan pengguna menautkan atau menambahkan nomor rekening banknya ke aplikasi dan kemudian menggunakan ponsel mereka untuk melakukan pembayaran dan transfer secara langsung.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Dengan dukungan pemerintah melalui Unified Payments Interface (UPI), layanan ini kompatibel dengan sejumlah bank besar. Saat ini, Tez hanya terbatas di India, namun tampaknya ada rencana untuk menyebarkannya lebih jauh.

Dalam keterangannya, Google menggambarkan Tez sebagai cara sederhana untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Mulai dari mentransfer uang, membayar tagihan makan malam dengan teman, atau membelikan barang untuk orang terkasih.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

"Jadi, mau pembayaran dalam jumlah besar atau kecil, bisa melalui Tez. Aplikasi pembayaran digital Google yang baru untuk masyarakat India," bunyi keterangan resmi Google.

Pascapeluncuran, sudah ada beberapa mitra nama besar ingin bergabung, di antaranya Dominos dan Jet Airways.

Google juga mendorong para pebisnis ritel atau UKM untuk membuat saluran bisnisnya secara online, sehingga mereka dapat dengan mudah menerima pembayaran menggunakan Tez.

Sementara layanan saat ini hanya diluncurkan di India, Google juga telah mendaftarkan namanya sebagai merek dagang di Indonesia dan Filipina. Dengan demikian, layanan ini kemungkinan besar akan masuk dua negara tersebut untuk sasaran berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya