Layanan T1 Pulih Total, Menkominfo Lapor ke PBB

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku akan bertemu Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), Houlin Zhao, untuk melaporkan perkembangan terbaru soal Satelit Telkom 1. Kominfo bersama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk secara intensif mengamankan slot orbit 108 BT ke ITU.

Merdeka dari Kominfo, Rudiantara: Ada yang Suka dan Kurang Suka

ITU adalah organisasi internasional di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa yang bermarkas di Jenewa, Swiss, yang bertugas membakukan dan meregulasi radio internasional serta telekomunikasi, termasuk orbit satelit negara anggota PBB.

"Surat yang kami kirimkan kepada Direktur Biro Radio Communication ITU adalah notifikasi awal. Kami masih menunggu laporan final teman-teman tentang kondisi akhir lapangan. Inilah yang akan menjadi dasar Radio Communication Sector (ITU-R) untuk menjawab surat kami dalam beberapa bulan mendatang," kata dia, di Jakarta, Selasa, 12 September 2017.

Rudiantara Pakai Baju Putih, Dipanggil Jokowi ke Istana?

Menurutnya, andaikata T1 sudah tidak beroperasi lagi dan masalah administratif tidak diurus, maka yang dikhawatirkan slot orbit yang kosong akan diisi satelit milik negara lain.

"Memang notifikasi ini dihargai dan mereka (ITU-R) akan menjawab setelah kami melengkapi dokumen-dokumen dari hasil laporan teman-teman di lapangan. Akhirnya bulan September akan bertemu dengan Sekjen ITU (Zhao). Intinya slot kita amankan," tuturnya. (ase)

Curhat Menkominfo Rudiantara, Beratnya Jadi Pembantu Jokowi
Ilustrasi PHK.

Gelombang PHK Startup Unicorn dan Decacorn, Ini Nasihat Eks Menkominfo

Traveloka, Uber, Grab, dan Gojek sudah PHK karyawan.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020