Twitter Rilis 10 Tagar Populer, Nomor Terakhir Bikin Kangen

Logo Twitter.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Twitter merilis 10 tagar terpopuler sejak digunakan pertama kali pada 23 Agustus 2007. Chris Messina adalah tokoh di balik penggagas tagar. Ia mencuitkan #barcamp, Tweet di bawah ini tepat sepuluh tahun yang lalu.

Gol Perdana 'Bang Jay' di Timnas Indonesia, Netizen Beri Pujian

Selama sepuluh tahun terakhir, tagar telah berevolusi dari yang hanya sebatas ‘menandai/tag’ atau ‘menyatukan’ berbagai cuitan yang memiliki kategori yang sama.

Sehingga, menjadi salah satu simbol yang paling dikenal dan banyak digunakan di era digital saat ini. Sekitar 125 juta tagar digunakan setiap hari secara global di Twitter, membuka akses kepada pengguna untuk melihat, menjelajahi apa yang sedang terjadi dan dibicarakan di dunia.

Jay Idzes Jadi Sorotan Usai Indonesia Bekuk Vietnam, Bek Liga Italia Memang Beda!

Berikut 10 tagar populer yang digunakan masyarakat Indonesia dalam satu dekade, seperti dalam keterangan resmi Twitter, Rabu, 23 Agustus 2017.

1. #OwiButetBisaEmas

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Pasangan ganda campuran bulutangkis, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, beberapa menit sebelum 17 Agustus berakhir. Masyarakat berbagi keseruan, dukungan, dan mengucapkan selamat melalui tagar #OwiButetBisaEmas.

2. #Salam2Jari

Tagar ini menjadi slogan yang diperkenalkan Presiden Jokowi dan tim suksesnya dalam kampanye Pemilihan Presiden 2014 dan juga digunakan oleh tim sukses Basuki Tjahaja Purnama pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun ini.

Tagar ini menjadi salah satu tagar politik yang banyak digunakan di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Tweet di bawah ini menjadi salah satu Tweet #Salam2Jari yang paling banyak di-retweet.

3. #KamiTidakTakut

Muncul kali pertama ketika aksi terorisme yang terjadi di daerah Sarinah, Jakarta Pusat, pada 14 Januari 2016, menghasilkan tanggapan luar biasa dari berbagai penjuru Tanah Air.

Masyarakat Indonesia menunjukan keberanian melawan terorisme dan berbagi dukungan melalui tagar ini. Di bawah ini adalah Tweet #KamiTidakTakut yang paling banyak di-retweet.

4. #SaveKPK

Sejak berita penangkapan Wakil Ketua KPK (@KPK_RI), Bambang Widjojanto muncul pada 23 Januari 2015 pagi hari, tagar ini langsung banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjukan dukungan bagi KPK.

Percakapan mengenai hal ini menghasilkan lebih dari 600 ribu tweet serta 9 juta tweet impression dalam satu hari. Tagar #SaveKPK juga sempat menjadi trending topic dunia peringkat pertama di hari tersebut.

5. #EURO2016

Gaung perayaan kompetisi bola yang paling prestisius di ranah Eropa terdengar keras di linimasa Twitter di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Pengguna Twitter membanjiri linimasa untuk mengungkapkan dukungan mereka terhadap para pemain favorit dan negara-negara kesukaan mereka menggunakan tagar ini.

6. #PersibDay

Ini adalah tagar yang digunakan para “Bobotoh” (pendukung Persib) untuk mendukung tim mereka setiap ada pertandingan penting. Tagar ini menjadi sangat populer di Twitter setidaknya sejak 2015.

7. #MUFC

Manchester United atau biasa disebut MU memang tidak asing lagi di Indonesia. Tim sepak bola profesional Inggris yang berbasis di Old Trafford, Manchester, ini selalu mendapat dukungan dari banyak orang di Indonesia.

Tagar #MUFC pun ramai digunakan di setiap pertandingan. Ya, Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan pendukung MU terbesar di dunia.

8. #MelawanAsap

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan dan Riau pada 2015 mendorong pengguna Twitter di Indonesia beramai-ramai menyerukan isu ini agar seluruh dunia mendengar, dan memperoleh hampir dari dua juta Tweet dalam beberapa bulan terakhir.

Beberapa tagar yang banyak digunakan dalam percakapan mengenai isu ini adalah #MelawanAsap, #daruratasap, #PalembangButuhOksigen, #saveKalimantan, #saveRiau, #maribersikap, #melawanapi.

9. #DemiMetallica

Tagar ini digunakan pertama kali oleh seorang fans Metallica (@kotakmakan) di Indonesia yang menjual sound card miliknya agar dapat membeli tiket konser Metallica pada 2013, hingga akhirnya banyak fans lain yang melakukan hal serupa. Dari tagar ini, akhirnya muncul akun @DemiMetallica.

10. #JumatBerkah

Tagar ini adalah cara masyarakat Indonesia menyambut datangnya hari Jumat. Tagar tersebut bisa dibilang menjadi padanan dari Thank God It's Friday yang populer di luar negeri.

Beragam ekspresi dikicaukan oleh pengguna Twitter lewat tagar tersebut, seperti menuliskan kata-kata bijak dan doa. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya