NASA Mau Bikin Oksigen di Planet Mars

Ilustrasi rumah es NASA di Planet Mars.
Sumber :
  • NASA//Clouds AO/SEArch

VIVA.co.id – Upaya NASA untuk membuat planet Mars bisa menjadi tempat tinggal bagi manusia rupanya tidak pernah surut. Yang terbaru, mereka akan memulai rencana untuk membuat oksigen di Mars.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Misi ini akan diawali dengan mendatangkan perangkat robot ke Mars pada 2020. Robot itulah yang akan membawa mikroba pencipta oksigen, kemungkinan adalah alga atau bakteri, yang akan cocok dengan konsumsi udara untuk manusia.

"Mikroorganisme itu akan kami upayakan agar bisa hidup di tanah merah Mars. Kami kembang biakkan sehingga mereka bisa mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan. Oksigen itu nantinya akan bisa membantu manusia bernapas, atau digunakan untuk tenaga mesin roket agar bisa kembali ke bumi," ujar pelaksana tugas Kepala Administrasi NASA, Robert Lightfood, seperti dikutip dari Futurism.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Ini merupakan harapan bagi NASA dan penduduk bumi untuk bisa memiliki planet yang bisa dihuni di masa depan. Pasalnya, diketahui, atmosfir Mars hanya memiliki 0.13 persen oksigen. Sedangkan bumi memiliki volume oksigen sekitar 21 persen.

Mars sepertinya akan menjadi tujuan masa depan manusia. Tidak hanya oksigen yang ingin dibuat. Pemerintah Amerika juga berniat untuk membangun perisai magnetik di sekitar Mars dan menginstal reaktor nuklir di planet itu.

Ilmuwan Buat Ide Gila untuk Ciptakan Oksigen di Mars

NASA juga akan membangun stasiun luar angkasa di bulan sebagai misi awal untuk bisa mengeksplorasi keseluruhan sistem matahari. Lightfood sendiri merasa hal itu mungkin saja terwujud karena mereka sudah sukses dengan stasiun luar angkasa.

Sebelumnya, pebisnis Elon Musk mengaku telah memiliki estimasi dalam rencananya mengkoloni Mars. Rencana itu akan membutuhkan dana sekitar US$10 miliar per orang. (ren)

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024