Internet Kian Terjangkau

Telkomsel: Internet Unlimit Bukan Buat Iseng

VIVAnews - Seperti diketahui, sejumlah pengguna paket Telkomsel Flash unlimited, khususnya mereka yang berlangganan paket Basic up to 256kbps bertarif Rp 125 ribu per bulan (belum PPN) menjerit. Pasalnya, per 1 September lalu, Telkomsel mengubah perjanjian yang menyediakan kuota penggunaan 2GB menjadi 500MB jika pengguna ingin menikmati kecepatan hingga 1/4 mbps tersebut.

Pengguna ‘bandel’ yang selalu menghabiskan bandwidth dengan semena-mena juga akan mendapatkan hukuman bahwa kecepatan akses internet mereka akan dipatok di 64kbps saja. Meski begitu, Telkomsel menyebutkan bahwa kebijakan tersebut masih sebatas rencana.

“Kebijakan itu belum diberlakukan, belum ada eksekusi. Kalau sudah berlaku, pasti akan kami publikasikan di media,” kata Joseph Gero Interconnect and regulatory Telkomsel pada VIVAnews di Jakarta, 1 Oktober 2009.

Sejauh ini, ucap Joseph, tarif dan kecepatan masih normal seperti sebelumnya. “Kalau kecepatannya turun-naik itu biasa. Nantinya, akan berlaku kecepatan up to sekian dengan maksimal kuota menjadi 500MB dari sebelumnya 2GB,” kata Joseph. “Selain itu, sifatnya juga sharing. Kalau lagi padat, ya koneksi jadi lamban,” ucapnya.

Joseph menyebutkan, pihaknya hanya ingin mengoptimalkan kapasitas layanan data. “Kami menghindari pengguna online yang hanya memanfaatkan layanan data kami untuk sekedar senang-senang atau online sepanjang hari,” ucap Joseph. “Pengguna seperti itu merugikan orang-orang yang benar-benar membutuhkan,” ucapnya.

“Kita sama-sama menyadari bahwa bandwidth di Indonesia terbatas,” kata Joseph. “Solusi ini (pembatasan bandwidth) semata-mata dilakukan untuk optimalisasi jaringan data Telkomsel,” ucapnya.

Jika melanggar aturan tentang regulasi atau ketentuan pemerintah, Telkomsel bisa membatalkan rencananya mengubah aturan bagi penggunanya. “Yang jelas saat ini aturan baru itu belum berlaku. Kita usahakan tetap comply dengan ketentuan pemerintah,” ucap Joseph.

Seputar banyaknya keluhan yang muncul dari pengguna, Telkomsel menyatakan hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

“Kalau respon pasar banyak komplain, itu bagus. Kami nilai respon itu positif, karena kami bisa mempertimbangkannya untuk dibatalkan,” kata Joseph. “Lagi pula, kalau banyak komplain itu biasa. Kan, itu menunjukkan bahwa pelanggan kami banyak dan loyal,” ucap Joseph.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Duel Persib Bandung menghadapi Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024, berakhir imbang tanpa gol.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024