Perusahaan Rusia Siapkan Pesawat Soyuz Jadi Taksi Antariksa

Wahana antariksa Soyuz
Sumber :
  • www.pixabay.com/WikiImages

VIVA.co.id – Perusahaan roket antariksa Rusia, Energiya, siap mengubah pesawat antariksa mereka menjadi taksi luar angkasa. Wahana antariksa Soyuz bisa dialihfungsikan sebagai taksi antariksa untuk memenuhi kebutuhan wisata ke luar Bumi. 

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Chief Executive Officer (CEO) Energiya, Vladimir Solntsev, menuturkan, kepastian pesawat Soyuz diubah menjadi taksi antariksa menunggu wahana generasi penerus Soyuz, Federatsiya resmi beroperasi. 

"Saya pikir wahana Soyuz punya hak untuk melanjutkan kehidupannya. Selama ada pasar pariwisata antariksa dan wahana ini bisa dipakai sebagai komponen penting," ujar Solntsev dikutip dari Taas, Rabu 21 Juni 2017.

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Selain potensi sebagai taksi antariksa, Energiya menimbang kemungkinan meningkatkan wahana Soyuz dipakai untuk misi mengelilingi Bulan. Solntsev menjelaskan, begitu wahana Soyuz bisa ditingkatkan kemampuannya menjadi lebih cepat, maka akan membuat wahana tersebut menjadi sistem penting yang sempurna. Sistem itu nantinya bisa diteruskan dan dipakai pada wahana generasi Federatsiya. 

Untuk diketahui, wahana berawak Soyuz telah digunakan Rusia untuk misi orbit sejak 1967. Sejak itu, Soyuz telah beberapa kali dimodernisasi. Pada saat ini, Rusia menggunakan Soyuz dengan tiga kursi untuk mengirimkan kosmonautnya ke Stasiun Antariksa Internasional. 

Astronot Termuda China Berangkat ke Luar Angkasa dalam Misi 6 Bulan

Sementara itu, wahana Federatsiya dibuat untuk mengirimkan awak dan kargo ke Bulan dan stasiun orbit pada orbit Bumi. Wahana ini dijadwalkan akan meluncur dari Baikonur, Kazakhstan pada 2022. (art) 

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024