VIDEO: Startup Ubah Panas Server untuk Mandi Hangat

Ilustrasi mandi / shower
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Sebuah terobosan dilahirkan oleh perusahaan rintisan, atau startup asal Belanda, Nerdalize. Startup ini memanfaatkan panas yang dihasilkan dari komputer server untuk menghasilkan layanan air hangat bagi kalangan rumahan. 

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Dengan inovasi itu, panas dari komputer dan server itu dialihkan untuk membuat air hangat di sektor rumahan. Cara ini dianggap lebih bagus, mengelola panas server dibanding membuang tenaga panas tersebut secara sia-sia di pusat data. 

Dikutip dari Mashable, Senin 19 Juni 2017, startup tersebut menyediakan server yang bisa memanen panas yang dikeluarkan dari perangkat komputer dan menghangatkan air rumah pengguna. 

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Untuk mendapatkan layanan tersebut, pengguna cukup membayar satu kali saja untuk pemasangan server khusus tersebut. Startup ini menawarkan investasi yang dikeluarkan pengguna bakal kembali dalam 18 bulan, karena efisiensi daya listrik dan penggunaan air hangat tersebut.

Nerdalize mencatat, dengan memanfaatkan layanan ini, pelanggan bisa menghemat setidaknya US$335 per tahun. 

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Selain efisiensi, inovasi yang dikembangkan startup itu juga membantu mengurangi emisi karbon dioksida. 

Karena terobosannya itu, Nertalize mendapatkan sokongan dana dalam kampanye dana yang mencapai US$580 ribu. Lebih dari 3.500 orang telah mendonasikan uangnya dalam kampanye dana tersebut. 

Sementara itu, laman The Verge menuliskan, Nerdalize menargetkan bisa memasang server khusus mereka ke 42 rumah tangga di Belanda. 

 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya