TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

iPhone 8 Bakal Anti-air dan Charger Tanpa Kabel

Kemungkinan peluncuran iPhone 8 akan delay karena dua fitur ini.
iPhone 8 Bakal Anti-air dan Charger Tanpa Kabel
Apple iPhone. (Reuters/Jason reed)

VIVA.co.id – Meski belum resmi kapan waktunya Apple mengeluarkan iPhone 8 namun isu terkait produk baru itu terus berkembang. Yang terbaru, kabarnya Apple akan membuat iPhone 8 tahan air dan memiliki charger nirkabel.

Hal ini diungkap oleh salah satu pabrikan yang menjadi mitra Apple dan dipercaya untuk merakit iPhone 8. Yang menarik, dua fitur itu merupakan fitur yang muncul belakangan sehingga kemungkinan akan membuat delay peluncuran iPhone 8.

"Proses perakitan untuk iPhone terbaru tidak berubah banyak. Hanya saja ada fitur baru yang akan ditambahkan, seperti anti-air dan charger nirkabel. Ini membutuhkan beberapa kali uji coba sebelum benar-benar sempurna dan bisa dinikmati para pengguna. Secara tidak langsung, ini membuat proses perakitan menjadi lebih lama," ujar Robert Hwang, CEO Wistron, perusahaan manufaktur asal Taiwan, seperti dikutip dari PC Authority.

Diketahui, saat ini Apple melibatkan tiga perusahaan manufaktur untuk merakit iPhone. Selain Foxconn, yang dikenal dengan Hon Hai Precision Industry, ada juga Pegatron dan Wistron. Nama manufaktur yang terakhir memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar dibanding dua lainnya.

Hwang mengatakan jika Wistron telah lama dilibatkan oleh Apple dalam proses perakitan iPhone. Tahun ini, Apple dikabarkan telah menambah kapasitas produksi bagi Wistron, lebih banyak ketimbang sebelumnya, seiring dengan mulai menguntungkannya pasar iPhone di India. India sendiri merupakan salah satu pasar terbesar iPhone.

Menurut Hwang, ongkos produksi iPhone dikabarkan meningkat. Namun untuk mencegah kerugian bagi Wistron, Hwang membuat perusahaan itu lebih banyak mempekerjakan robot otomatis dalam proses produksi ketimbang sumber daya manusia. Ini dianggap akan terus memberikan keuntungan bagi Wistron. (adi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP