iPhone 5 Tak Bakal Cicipi iOS 11

Kamera iPhone 5
Sumber :
  • mashable.com

VIVA.co.id – Apple memperbaharui kembali sistem operasi besutannya, iOS 11. Ini artinya, akan ada beberapa perangkat jadul iPhone yang harus rela tak bisa update OS.

Viral Sosok Riccie Playboy, Pria Asal Medan yang Gemar Bagi-bagi Iphone

Dilansir melalui Ars Technica, tahun ini ada dua iPhone dan satu iPad yang akan dipangkas dan tidak masuk dalam jajaran perangkat yang akan diperbaharui. Perangkat itu adalah keluaran 2012 dan 2013, yakni iPhone 5, iPad generasi ke-4 dan iPhone 5C.

Seperti diketahui, iPhone 5 dan iPad generasi ke-4 diluncurkan pada 2012 sedangkan iPhone 5C meluncur 2013 lalu. Keduanya dianggap memiliki performa yang lebih lambat ketimbang versi di atasnya karena keterbatasan RAM dan performa lainnya. Ketika gadget ini juga perangkat Apple terakhir yang menggunakan prosesor 32-bit (A6 di iPhone dan A6X di iPad).

5 Aplikasi Pendukung Ramadan, Ibadah Puasa Makin Khusyuk

Pada 2013, Apple juga mengeluarkan iPhone 5S dan iPad Air. Ini merupakan perangkat Apple pertama (baik iPhone, iPad maupun iPod) yang menggunakan chip 64-bit.

iOS 11 nantinya tetap akan bisa disematkan di perangkat Apple lain. Untuk di iPhone, masih bisa di seri 5S, 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, SE, 7 dan 7 Plus. Sedangkan tablet, masih bisa digunakan di iPad Air, Air 2, iPad Mini 2, 3 dan 4, iPad generasi ke-5 dan semua iPad Pro. Untuk pemutar musik, hanya bisa di iPod Touch generasi ke-6.

Mulai Sekarang Jangan Pakai HP Samsung, Xiaomi hingga iPhone

Sejatinya, Apple telah memperingatkan para penggunanya, termasuk para developer, untuk mengantisipasi kehadiran iOS 11. Menurut Apple, perangkatnya yang berkekuatan 64-bit, yang menjalankan iOS 11, akan kehilangan kemampuan untuk menjalankan software 32-bit.

"Ke depan, dengan tidak lagi menggunakan software dan hardware jadul ini akan memberikan kekosongan kapasitas RAM dan ruang penyimpanan. Perangkat jadi lebih lega," ujar pihak Apple.

Versi final iOS 11 sendiri baru akan dirilis pada beberapa bulan ke depan. Namun satu hari ke depan, Apple akan mengeluarkan seri beta dari iOS 11 kepada developer dan khalayak tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya