CEO Apple Bocorkan yang Terbaru di iPhone 8

CEO Apple, Tim Cook
Sumber :
  • ABC News

VIVA.co.id – Meskipun iPhone 8 belum akan meluncur sampai September tahun ini, beberapa fitur dan kecanggihannya telah dibocorkan pada ajang World Wide Development Conference kemarin. CEO Apple, Tim Cook mengungkapnya seiring dengan pengumuman iOS versi baru.

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Berdiri di hadapan para developer, Cook memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai bentuk dan fitur canggih yang akan disematkan di iPhone 8. Tidak hanya layar yang baru tapi juga asisten virtual, Siri, yang diklaim lebih pintar.

Adopsi Layar OLED

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Dilansir melalui Metro.co.uk, Apple telah meninggalkan kebiasaan lama menggunakan layar LCD di smartphonenya. Pada iPhone 8, Apple akan menggunakan layar OLED.

OLED digadang memiliki warna yang lebih terang dan jelas, termasuk warna hitam yang lebih gelap. Meski dinilai tampilannya lebih baik ketimbang LCD, OLED dianggap mampu menghemat ongkos produksi iPhone.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Diketahui, setiap piksel warna yang menyala di layar smartphone mendapatkan kekuatannya dari daya baterai. Artinya, warna putih mengonsumsi lebih banyak daya ketimbang hitam. Oleh karena itu, sepertinya Apple harus membuat tema berlatar warna hitam di layar smartphone-nya untuk menghemat konsumsi daya.

Asisten Virtual yang lebih Pintar

Menurut Cook, asisten virtual berbasis suara dari Apple, Siri telah mendapatkan beberapa pembaharuan. Apple mengklaim telah membuat suara Siri lebih halus dan tampak alami. 

Bahkan Siri diklaim telah mampu mengerjakan terjemahan. Beberapa bahasa yang bisa diterjemahkan seperti Inggris ke China, Prancis, Jerman, Italia dan Spanyol.

Siri juga bisa mengingat topik yang pernah dicari di iPhone, tempat yang pernah dikunjungi, dan kontak yang pernah dihubungi. Semua informasi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian agar muncul lebih cepat.

Augmented Reality

VR merupakan berita besar yang diumumkan Cook di WWDC tahun ini. Mereka menamakannya ARKit yang memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi AR untuk iPhone.

ARKit mengandalkan kamera, akselerometer dan detil info dari GPS di dalam iPhone. Semua itu bisa digunakan untuk membuat efek AR yang lebih realistis. 

Hasil terbaik AR di iPhone bisa dilakukan dengan posisi enam derajat dari lokasi yang ditarget. Level itu menunjukkan posisi fisik dari ponsel yang direpresentasikan oleh tiga koordinat, ditambah dengan kemana posisi iPhone diarahkan yang direpresentasikan oleh tiga koordinat lain. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya