Situs Ini Lahir karena 'Terinspirasi' Hoax

Peluncuran situs indonesiabaik.id
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesti

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, di balik akses internet yang semakin luas dan cepat, banyak muncul perilaku pengguna internet yang mencerminkan jati dirinya.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Menurut dia, akhir-akhir ini marak berita-berita palsu atau hoax yang beredar di dunia maya, yang umumnya, kasus ini mendera generasi muda.

Permasalahan yang ditimbulkan karenanya tak hanya sebatas hoax, namun juga muncul gerakan 'bawah tanah' tentang penyebaran paham-paham negatif seperti radikalisme atau pornografi.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Inilah alasan situs IndonesiaBaik.id dilahirkan, yakni sebuah gerakan kampanye konten positif yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam bentuk konten informasi digital.

"Banyak konten di media sosial, di mana setiap orang diberi kebebasan berbicara justru menyuguhkan isi berita negatif dan penggunanya saling mencerca. Ini menjadi kewajiban Kemenkominfo untuk memfilter, menyaring konten-konten yang bermuatan negatif tersebut," katanya, usai peluncuran IndonesiaBaik.id, Selasa, 6 Juni 2017.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

Ia melanjutkan, dituntut untuk berpikir lebih kritis agar dapat menyaring konten-konten yang beredar. Selain pendekatan yang reaktif, Rudiantara menyebut pendekatan preventif juga harus dilakukan.

"Kami berkewajiban untuk memberikan digital literasi dan literasi informasi ke masyarakat. Masyarakat dituntut agar bisa memanfaatkan teknologi, khususnya internet untuk mengembangkan kemampuan pribadinya agar dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat," papar pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Rudiantara menegaskan bahwa sudah seharusnya masyarakat meninggalkan budaya-budaya negatif, terlebih para pemuda merupakan tumpuan negara di masa depan. Ini juga demi mempersiapkan bonus demografi 2030.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya