VIDEO: Enam Inovasi Penting Apple di WWDC 2017

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • www.mashable.com

VIVA.co.id – Apple menggelar acara tahunan Worldwide Developers Converence. Pada tahun ini, gelaran temu pengembang Apple seluruh dunia itu menyajikan beberapa inovasi dan pembaharuan teknologi Apple. 

Terobosan Apple Kenalkan Fitur Baru yang Ramah Disabilitas

Salah satu inovasi yang menjadi perhatian yakni peningkatan kemampuan asisten virtual Siri, iOS 11 dan versi baru sistem operasi Mac bernama High Sierra.

Untuk kategori perangkat keras, Apple mengumumkan pembaharuan fitur baru pada Apple Watch, mengenalkan iPad dengan ukuran yang makin besar. Dalam panggung WWDC 2017, Chief Executive Officer Apple, Tim Cook mengumumkan setidaknya enam hal penting. 

Mantan Karyawan Apple Dipenjara karena Korupsi

1. watchOS 4

Apple mengumumkan versi baru sistem operasi jam pintarnya. watchOS 4 tidak jauh beda dengan sistem operasi versi sebelumnya, watchOS 3, namun ada beberapa fitur baru yang disebutkan menarik bagi pengguna Apple Watch. 

Pendapatan Apple Cetak Rekor

Asisten virtual Siri pada watchOS4 menggunakan mesin pembelajaran untuk mengkustomisasi konten secara real time sepanjang hari. Pengguna bisa mengkustomisasi pengingat (reminder), informasi lalu lintas, jadwal pertemuan, berita dan lainnya. WatchOS4 akan menampilkan informasi dan konten yang paling relevan bagi penggunanya. 

Tampilan muka Apple Watch pada watchOS4 ini juga menampilkan beberapa karakter animasi. Pengguna juga bisa menggunakan tampilan jam pintarnya sebagai lampu senter atau lampu kedip. fungsi ini berguna saat pengguna lari atu berjalan. 

Kemampuan lainnya, Apple Watch mampu mengoneksikan dengan lebih baik gadget lain, misalnya, pemantau gula melalui Bluetooth. 

2. MacOS High Seirra

Apple mengakui tak melakukan perubahan besar pada sistem operasi Mac mereka pada tahun ini. Namun Senior Vice President Apple, Craig Federighi menegaskan ada perubahan kecil yang menyempurnakan macOS. 

Pada High Seirra, Apple meningkatkan kemampuan browser Safari, yang punya 
fitur pemblokir autoplay video. MacOS versi baru ini juga punya pencegah pelacakan intelijen misalnya dari serbuan iklan. 

WWDC 2017 Apple

MacOS juga punya kemampuan mengedit foto dan organisasi konten lebih baik, sistem file yang lebih cepat, mesin grafis yang lebih baru yang mendukung pengembangan teknologi virtual reality. 

MacOS baru ini juga mendukung mesin game Unity dan Unreal, sesuatu yang disambut meriah pecinta produk AppleUpdate MacOS akan hadir pada musim gugur tahun ini. 

3. iMac Pro

Apple memperbaharui desktop mereka dengan layar Retina yang ditingkatkan serta grafis makin super, prosesor Kaby Lake dan USB-C. Desktop Apple juga mendukung grafis untuk pembuatan konten virtual reality. 

Selain itu, Apple juga mengenalkan iMac Pro versi baru, yang hadir dengan layar 5K dan punya kapasitas pendinginan yang ditingkatkan, prosesor Xeon 8 core dan bisa ditingkatkan sampai 10 core. iMac Pro versi baru hadir dengan 4 TB SSD, bisa sampai 128 GB ECC, dilengkapi empat Thunderbolt 3, termasuk built-in 10 GB Ethernet. 

iMac baru ini dibanaderol mulai US$1099 untuk 21,5 inchi, US$1299 untuk model 4K. 

Purwarupa iMac Pro

4. iOS 11

Versi baru iOS ini hadir dengan sejumlah pembaharuan. Dari sisi asisten virtual, Siri makin ditingkatkan kualitas suaranya. Seri pada iOS 11 mampu menerjemahkan kalimat dalam beberapa bahasa, serta menunjukkan solusi atau saran berbasis rutinitas yang dilakukan pada iPhone atau iPad pengguna. 

iMessage punya kemampuan sinkronisasi yang lebih baik antarperangkat Apple. Pengguna bisa menghapus pesan iMessange dari perangkat Apple apapun dengan menggunakan akun yang sama. 

Untuk kebutuhan pembayaran dan jual beli online, Apple memungkinkan pengguna iOS 11 menerima dan melakukan pembayaran dari kontak iMessage. 

Pengambilan foto pada iOS 11 juga makin meningkat, termasuk dalam keadaaan rendah cahaya. Kemudian Apple memutuskan menggabungkan lock screen dan notifikasi. 

Hal menarik lainnya, pada iOS 11 ada fitur penyelamatan baru yang akan mengenali saat pengguna berkendara. Fitur ini akan secara otomatis mengaktifkan Do Not Disturb untuk mencegah notifikasi muncul, sehingga pengguna bisa fokus berkendara dan mengemudi. 

5. iPad Pro 10,5 inchi

Apple mengungkapkan hadirnya tablet untuk pecinta Apple, iPad Pro versi 10,5 inchi. Lebih besar tapi tablet ini hadir dengan desain yang lebih tipis. 

Tombol Home masih ada. iPad Pro 10,5 inchi akan didukung dengan pelindung keyboard full width.

Bicara soal kualitas layar, iPad Pro versi anyar ini punya layar yang lebih baik dengan warna yang lebih kaya. Layar juga punya fitur baru yang disebut ProMotion, yang aman akan memperbaharui konten di tablet ini 120 kali per detik. Dengan kemampuan itu berarti tablet anyar ini lebih responsif. 

Selain menambah kecepatan proses, iPad Pro 10,5 inchi hadir dengan memori dua kali dari standar 64 GB. 

6. HomePod

Apple ingin menyaingi pasar speaker dengan merilis HomePod. Ini jadi senjata Apple untuk bersaing dengan speaker Sonos, Amazon Echo dan Google Home.

Desain HomePod tergolong kecil tapi punya kemampuan super, speaker akan menyesuaikan dengan bentuk ruangan dan mengkustomisasi audio sesuai dengan lingkungan sekitar.

Purwarupa HomePod Apple

HomePod punya fitur Musicologist yang bekerja dengan Apple Music untuk mengalunkan musik yang diinginkan pengguna. Cukup dengan meminta putarkan lagu melalui Siri, maka musik akan mengalun. 

HomePod akan tersedia dalam dua pilihan warna, putih dan hitam. Apple membanderol HomePod mulai US$349 dan akan mengapalkannya mulai Desember nanti di pasar AS, Inggris dan Australia.  

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya