Pakar Forensik Ungkap Cara Mudah Deteksi Plagiat di Medsos

Jejaring sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA.co.id – Afi Nihaya Faradisa dituduh melakukan plagiarisme dari akun Facebook Mita Handayani. Tulisan remaja yang baru lulus SMA yang berjudul 'Belas Kasih dalam Agama Kita' diduga mirip dengan tulisan Mita Handayani berjudul 'Agama Kasih' di media sosial Facebook.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Mita pun sudah mengklarifikasi kalau tulisan itu dirinya yang menulis. Namun, bagaimana melacak kebenaran sebuah tulisan yang di-posting di media sosial?

Pakar digital forensik, Ruby Alamsyah, mengatakan cara mudah untuk mendeteksi apakah sebuah tulisan dikatakan plagiarisme atau bukan yang di-posting di media sosial, bisa dilakukan dengan langkah berikut.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

"Kita bisa lihat siapa yang mem-posting lebih dahulu dan siapa penulis aslinya," kata dia kepada VIVA.co.id, Jumat, 2 Juni 2017.

Untuk membuktikan keduanya, maka perangkat elektronik seperti smartphone, notebook, laptop atau PC, penulis harus diambil. Sebab, menurut Ruby, di perangkat elektronik mana pun apabila menyimpan sebuah file yang dibuat pasti ada keterangan waktunya.

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

"Kapan tulisan itu dibuat, dimodifikasi, dikopi maupun di-save. Itu semua tersimpan otomatis. Dari situ bisa dilihat siapa yang posting duluan dan penulis aslinya. Ini bukti yang tidak bisa dibantahkan," ungkapnya.

Oleh karena itu, Ruby menambahkan, tudingan plagiarisme postingan di media sosial tidak serta-merta bisa diputuskan dan diklaim langsung sepihak. (ase)

Polres Depok tangkap pelaku kriminal

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Komplotan pelaku kejahatan berhasil diamankan jajaran Polres Metro Depok. Ada 24 orang yang diamankan dari berbagai kasus seperti pencurian rumah kosong hingga curanmor.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024