VIDEO: Robocop Dubai Siap Debut Perangi Kejahatan

Robocop Dubai
Sumber :
  • Twitter/@GISECDUBAI

VIVA.co.id – Polisi Dubai kini punya pasukan baru. Belum lama ini polisi Dubai memamerkan robot polisi pertama dunia dalam pameran Gulf Information Security Expo and Conference atau GISEC. Meski robot polisi itu bukan seperti Robocop pada film, namun polisi Dubai meyakini robot polisi itu bisa menjalankan tugas keamanan. 

Arab Saudi Perkenalkan Humanoid Baru, Robot Pria Ini Malah Lakukan Hal Tak Senonoh di Depan Publik

Dikutip dari RT, Rabu, 24 Mei 2017, Robocop otonom itu telah bergabung dengan korps penegak hukum Dubai pada Minggu pekan lalu. Dalam pamerannya, Robocop polisi Dubai itu bisa menyampaikan salam kepada pengunjung pameran dengan sikap hormat. 

Selain itu, Robocop polisi ini bisa patroli di auditorium selama tiga hari pameran. Rencananya, usai pameran, Robocop itu akan ditugaskan sebagai penjaga jalanan di lokasi populer Dubai. 

Anak-anak Dalam Bahaya

"Dengan tujuan membantu orang di pusat perbelanjaan atau di jalanan. Robocop ini merupakan penambahan terbaru teknologi canggih bagi kepolisian," kata Direktur Jenderal Layanan Pintar Kepolisian Dubai, Brigjen Khalid Nasser Al Razzouqi. 

Al Razzouqi menuturkan, selain itu Robocop ini dirancang untuk membantu kepolisian memerangi kejahatan, menjaga kota Dubai tetap aman dan meningkatkan kenyamanan warga kota. 

Buruh Pabrik Mobil Terancam Diganti Robot

Meskipun hadir sebagai robot, Robocop Dubai itu bisa berkomunikasi dengan warga seperti halnya komunikasi antarmanusia. 

"Dia bisa bercakap dan berinteraksi, merespons permintaan publik, bersalaman dan menawarkan hormat ala militer," ujar Al Razzouqi.

Kecanggihan lainnya, robot polisi ini bisa membaca ekspresi wajah orang dan bereaksi dengan enam bahasa. Robocop ini juga bisa mengirimkan dan menerima pesan dari polisi. Menariknya, pada Robocop ini punya tablet yang bisa dipakai untuk membayar denda tilang dan melaporkan kejahatan. 

Bicara spesifikasi, Robocop Dubai ini punya tinggi 1,7 meter dan bobot 100 kg. 

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya