TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

262 Kios Ditargetkan Terkoneksi ke Smart City Center

Berdiri di Mangga Dua Square, Jakarta.
262 Kios Ditargetkan Terkoneksi ke Smart City Center
Ruagan Jakarta Smart City/Ilustrasi. (ANTARA/Widodo S Jusuf)

VIVA.co.id – Konsep kota pintar di Indonesia selalu didengungkan namun tidak ada gambaran pasti mengenai kota pintar itu sendiri. Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) akhirnya berinisiatif untuk membentuk Smart City Center, yang berlokasi di Mangga Dua Square, Jakarta. 

Soegiharto Santoso (Hoki), Dewan Pembina Asisindo, mengatakan bahwa smart city center ini nantinya akan menjadi semacam proyek percontohan implementasi smart city bagi masyarakat dan juga pemerintahan. Di Smart City Center ini, semua solusi implementasi Smart City dari berbagai merek dapat berkumpul, mencakup peralatan CCTV, Security System dan IT. Brand yang didukung antara lain adalah HIK Vision, Seagate, Samsung, SPC, G Lenz Security, S Box, MMP, Kyomitsu, QNap, Blazz, Hanwa, GSB Security, CP Plus, Jovision, Techma, Hawk Teknologi Solusi, dan lainnya.

"Selain solusi ada juga fasilitas edukasi dan pelatihan untuk kemudahan implementasi Smart City di Indonesia. Semua itu terkumpul di Mangga Dua Square lantai PB1 dan B1," ujar pria yang disapa Hoki itu, dalam keterangannya, Senin, 22 Mei 2017.

Ditambahkan Tan Widarno, Ketua Umum Asisindo, untuk tahap pertama, di area ini telah didirikan 62 kios yang terkoneksi ke dalam satu ruang kontrol berstandar internasional. Seluruh anggota Asisindo dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti ruang pamer, ruang kontrol dan ruang rapat. 

Tahap berikutnya, kata dia, Asisindo akan merencanakan perluasan area Smart City Center dengan membangun kios sebanyak 120 unit.

"Untuk rencana jangka panjang diharapkan area ini akan diperluas hingga 262 unit kios," ujar Tan. 

Asisindo pun nantinya akan memberikan bantuan legal kepada para anggotanya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sering timbul di industri keamanan, misalnya membantu anggota untuk mengimpor barang secara legal, membantu sertifikasi SNI, membantu masalah pajak, dan dengan bantuan prinsipal, pengusaha dibantu untuk mengontrol harga di e-commerce.  

"Sedangkan bagi pebisnis pemula, akan dibimbing dalam pengurusan legalitas usaha," ujarnya.

Mangga Dua Square merupakan salah satu one stop shopping mall yang paling strategis lokasinya. Diapit oleh kawasan niaga Mangga Dua, Tanjung Priok, Kemayoran, Senen (Jakarta Pusat). Data dari pihak Mangga Dua Square menyebut setiap harinya rata-rata pengunjung sebanyak 50 ribu orang.  (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP