Perkuat Ekosistem Digital, XL Rilis Kartu Khusus Nahdliyin

XL Axiata dan NU rilis kartu untuk Nahdliyin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama berkolaborasi memanfaatkan perkembangan teknologi digital, melalui program ‘XL NUsantara Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital’.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Kedua pihak akan bersama-sama memfasilitasi anggota NU dan masyarakat luas agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif, sehingga membantu mewujudkan kedaulatan dan kemakmuran Indonesia di era digital. 

Ketua Umum Pengurus Besar NU, Said Aqil Siroj mengatakan, sebagai organisasi dengan puluhan juta anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara, NU merupakan komunitas yang sangat besar. Pemanfaatan teknologi digital ini dimulai dari digitalisasi kepengurusan NU untuk mengefisienkan komunikasi antarpengurus, dari pengurus ke anggota, pengurus ke publik maupun antaranggota NU.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Melalui platform digital, komunikasi menjadi lebih mudah dan interaktif dalam berbagai format baik tulisan, suara, gambar, maupun video. 

"Komunikasi multi arah dalam komunitas besar ini akan menstimulasi partisipasi aktif anggota menyampaikan ide dan aspirasi. Hal ini akan mendorong kreativitas kolektif anggota komunitas NU untuk melahirkan inovasi-inovasi berupa program ekonomi, sosial maupun budaya," kata Said Aqil di Gedung PBNU, Jakarta, Senin 22 Mei 2017.

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

Sementara itu, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL akan mendukung dengan membantu mewujudkan pusat komando atau Command Center di kantor PBNU.

Command Center itu diharapkan bisa mendukung keperluan penyediaan konten kreatif berupa teks, audio atau video yang akan disiarkan ke seluruh warga NU di seluruh Indonesia, melalui berbagai media digital. Selain itu, Command Center tersebut juga akan bertindak sebagai sarana pelaporan tanggap darurat jika ada kejadian luar biasa di lingkup jemaah NU.
 
Selanjutnya, program XL-NUsantara akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia, yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta hiburan.

Dalam implementasinya, program ini nanti akan menggunakan pendekatan dan pengembangan community, collaboration, dan co-creation yang terbuka bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi. 

"Untuk itu, XL Axiata akan menyediakan kartu keanggotaan NU yang dinamakan XL NUsantara," kata dia. 

Kartu keanggotaan ini, menurut Dian, merupakan kartu identitas digital dalam bentuk SIM Card yang di dalamnya sudah terintegrasi akun uang elektronik atau e-money yang memberikan akses layanan keuangan berbasis digital kepada semua anggota NU.

"Kartu keanggotaan NU berbasis layanan keuangan digital dan konektivitas ini adalah pilar utama yang akan menopang platform ekonomi digital bagi komunitas NU, dan juga masyarakat Nusantara secara luas," ujarnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya