TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kaspersky Akui Peretas Lazarus Group Milik Korea Utara

Lazarus tak disebut sebagai penyebar WannaCry.
Kaspersky Akui Peretas Lazarus Group Milik Korea Utara
Hacker/Ilustrasi. (REUTERS/Kacper Pempel)

VIVA.co.id – Perusahaan antivirus Kaspersky mengakui Lazarus Group berasal dari Korea Utara. Hal ini mengacu pada kode enkripsi virus pemalak ransomware WannaCry sama dengan yang diciptakan Lazarus.
 
“Kami berani mengatakan bahwa Lazarus berasal dari Korea Utara, bukan China. Ada kesamaan kode enkripsi pada keduanya. Seperti copy paste,” kata Corporate Communication Manager Kaspersky South East Asia, Sanjeev Nair kepada VIVA.co.id, Jumat 19 Mei 2017.
 
Namun, Sanjeev tidak mengiyakan Lazarus pula sebagai biang keladi atau penyebar ransomware ini. “Siapa sebenarnya yang menyebarkan (virus) ransomware, kami tidak bilang Lazarus. Kami tidak tahu,” ungkapnya.
 
Seperti diketahui, sepak terjang Lazarus terungkap setelah berhasil menyerang Sony Pictures Entertainment pada 2014, Bank Sentral Bangladesh di 2016, dan pada Februari 2017, sejumlah perbankan di Polandia menjadi korban.

Serangan Lazarus bukanlah masalah lokal dan jelas operasi kelompok tersebut menjangkau seluruh dunia. Kaspersky mengaku mereka telah mendeteksinya melalui alat infiltrasi di beberapa negara pada tahun lalu.
 
Lazarus sebelumnya dikenal melakukan aktivitas mata-mata siber dan sabotase siber. Motif mereka hanya pada keuntungan finansial. Diyakini Lazarus Group adalah organisasi sangat besar dan bekerja untuk operasi infiltrasi dan spionase.

Kaspersky juga telah mendeteksi Lazarus memiliki unit paling kecil dan dinamakan sebagai Bluenoroff, yang bertanggung jawab atas keuntungan finansial dari hasil memeras korban atau pengguna komputer (PC maupun laptop).

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP