TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Bagaimana Kesiapan Telkomsel Hadapi Ramadan?

Uji jaringan secara nasional menunjukkan kesiapan hadapi Ramadan.
Bagaimana Kesiapan Telkomsel Hadapi Ramadan?
Telkomsel menunjukkan hasil uji jaringan sambut Ramadan (Telkomsel)

VIVA.co.id – Menyambut datangnya bulan Ramadan dan Lebaran 2017, operator seluler Telkomsel menggelar uji jaringan secara nasional. 

Uji jaringan tersebut dilakukan untuk memastikan agar seluruh layanan yang diberikan, khususnya layanan data, bisa berjalan lancar dan berkualitas bagus. Uji jaringan itu juga untuk memastikan komunikasi pelanggan menjadi perhatian utama perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut. 

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan mengatakan, uji jaringan digelar di semua jalur mudik dan arus balik, yang meliputi jalur kereta api Jawa lintas Utara dan Selatan, jalur lintas Jawa dari Pelaburan Merak, Banten hingga Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. 

Selain itu, uji jaringan dilakukan di jalur Selatan dan jalur tol. Untuk Sumatera, Telkomsel menguji jaringan di Jalur Lintas Sumatera dari Bakauheni hingga Banda Aceh yang menempuh Jalur Lintas Barat, Jalur Lintas Tengah dan Jalur Lintas Timur. 

Terdapat tujuh kota yang menjadi fokus penguatan jaringan mengingat tempat ini merupakan tujuan kedatangan pemudik selama masa lebaran, yaitu Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makasar. Sedangkan untuk kota keberangkatan, Jakarta, Balikpapan dan Batam merupakan lokasi yang dipilih. 

“Secara total kami menempuh  jarak sejauh kurang lebih 11.000 km di uji jaringan tahun ini. Di sisi lain dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE Telkomsel di hampir 500 ibu kota kabupaten dengan sebaran lebih dari 11.000 BTS 4G," ujar Bob dalam keterangan tertulisnya, Jumat 18 Mei 2017. 

Telkomsel memprediksi bakal terjadi lonjakan trafik komunikasi dan layanan data di jalur mudik dan tujuan wisata dibanding trafik hari biasa. 

Lonjakan trafik pada layanan data berkisar antara 20 persen sampai dengan 25 persen menembus 5809 Terabyte. Sementara layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar antara –3 persen sampai dengan -6 persen mencapai 1,37 miliar menit, dan SMS berkisar antara -1 persen sampai dengan -3 persen mencapai 720 juta SMS. 

Hasil uji jaringan

Dalam melaksanakan uji jaringan ini, Telkomsel menerapkan beberapa parameter di antaranya kuat daya pancar dan daya terima handset (coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/drop call), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time), kualitas suara (MOS) dan kualitas kecepatan (Data Throughput) 

Pada uji jaringan ini, pengukuran kekuatan sinyal 4G diukur dengan parameter Reference Signal Received Power (RSRP), sedangkan parameter untuk mengukur kualitas sinyal 4G disebut Signal to Noise Ratio (SNR). 

Untuk parameter mengukur kualitas layanan data 4G adalah HTTP Throughput (tingkat kecepatan akses layanan).

Surabaya-Malang

Secara keseluruhan hasil Uji jaringan Surabaya-Malang sepanjang 125 Km memperlihatkan, Telkomsel siap untuk menyambut momen Ramadan dan Lebaran 2017. 

Sepanjang rute Surabaya-Malang, terdapat total sebanyak 1047 BTS (297 BTS 4G, 379 BTS 3G dan 371 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan. 
Adapun angka rata-rata yang diperoleh dari hasil uji jaringan yaitu CSSR 100 persen, CST 3,51 detik, CCSR 100 persen, MOS 99,22 persen, Data Throughput 12604 kbps.

Untuk layanan 4G, hasil uji di jalur Surabaya-Malang memperlihatkan kekuatan dan kualitas sinyal 4G Telkomsel secara umum baik. Dibuktikan dengan angka RSRP -84,2 dBm dan SNR 10,8 dB. 

Sementara kualitas layanan data 4G yang salah satunya diukur melalui pengunduhan berbagai file dengan kapasitas 50 MB hingga 2,5 GB menunjukkan hasil yang baik, dengan angka rata-rata HTTP Throughput 12,6 Mbps dengan Maximum Throughput 86,44 Mbps.

Pulau Jawa

Adapun di sepanjang jalur mudik utama Pulau Jawa sepanjang 2375 km, kesiapan jaringan Telkomsel juga dapat terlihat dari angka CSSR 98,76 persen, CST 5 detik, CCSR 98,87 persen, MOS 95,75 persen, Data Throughput 7477 kbps. 

Untuk hasil uji di sepanjang jalur mudik kereta Pulau Jawa sepanjang 1689 km hasilnya yaitu CSSR 99,09 persen, CST 7 detik, CCSR 99,58 persen, MOS 97,20 persen, Data Throughput 4939 kbps.  

Pulau Sumatera

Sedangkan di jalur Sumatera sepanjang 6817 km hasilnya yaitu CSSR 96,42 persen, CST 5,74 detik, CCSR 99,58 persen, MOS 96,52 persen, Data Throughput 4739 kbps.

  

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP