Twitternya China Pecundangi Twitter

Sosial media di China, Sina Weibo.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer/Files

VIVA.co.id – Situs mikroblog asal China, Sino Weibo mengumumkan mereka telah memencundangi Twitter dalam hal jumlah pengguna. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Menurut hasil laporan kuartal pertama Twitternya China itu, pada Maret lalu jumlah pengguna aktif bulanan mereka mencapai 340 juta pengguna. Sebagai perbandingan, Twitter saat ini total memiliki sekitar 328 juta pengguna bulanan aktif. 

Angka ini tumbuh dari 313 juta pada kuartal terakhir 2016 atau meningkat sebanyak 30 persen dari tahun ke tahun atau 8,6 persen dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

KalahnyaTwitter di China tak lepas dari keputusan pemerintah China yang memblokir platform mikroblog populer asal Amerika Serikat tersebut.

Sekitar 154 juta orang di China menggunakan Sina Weiobo setiap harinya, yang mana 91 persen di antaranya mengaksesnya melalui ponsel. 

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

"Fokus tanpa henti kami ialah untuk membangun pengalaman media sosial terbaik di China. Ke depannya, kami akan terus melihat momentum yang tepat, karena kami lebih mengoptimalkan performa kuat Weibo untuk berbagi, menemukan dan mengonsumsi informasi, terutama untuk lingkungan mobile, sosial dan video," kata Chief Executive Officer Sina Weibo, Gaofei Wang, sebagaimana dikutip dari BBC, Jumat 19 Mei 2017.

Platform pilihan

Menurut China Internet Network Information Center, saat ini China memiliki sekitar 731 juta pengguna web, lebih dari 90 persen di antaranya dapat mengakses internet melalui smartphone. (Baca: Meredam kebencian di Media Sosial)

Menurut institusi tersebut, Sina Weibo merupakan perusahaan mikroblog China yang paling banyak diminati dibanding Twitter. Selain itu, Sina Weibo merupakan platform yang paling disukai untuk sebagian besar koran dan stasiun TV China. Akun Sina Weibo media tersebut punya jutaan pengikut.

Tahun lalu, mengikuti tren video live streaming yang sedang populer, Sina Weibo meluncurkan aplikasi live streaming punya mereka, Yizhibo, yang dijuluki 'Yi'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya