Robot Sukses Daratkan Pesawat Boeing 737

Kokpit pesawat terbang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mesin robot makin menunjukkan kemampuannya menjalankan tugas yang selama ini dilakukan manusia. Kemampuan robot bahkan makin meningkat. Belum lama in sebuah robot mampu mendaratkan pesawat Boeing 737 dalam sebuah simulasi. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Dikutip dari Sputniknews, Kamis, 18 Mei 2017, robot yang dikembangkan Aurora Flight Sciences bekerja sama dengan divisi Departemen Pertahanan AS, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) itu, malah bisa memerankan sebagai co-pilot secara otonom. 

Hadirnya robot tersebut dilandasi kekhawatiran dalam menghadapi situasi darurat, terutama dalam pesawat militer. Saat situasi darurat dibutuhkan sebuah sistem otonom yang bisa mengendalikan pesawat. Maka ide tersebut melahirkan robot tersebut. 

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Melalui program Aircrew Labor In-Cockpit Automation System (ALIAS), DARPA menggabungkan kemampuan otomatis, meningkatkan keamanan misi dan tingkat keberhasilan dalam situasi darurat itu. 

Robot besutan Aurora dan DARPA itu mampu mengendalikan antarmuka pengguna berbasis tablet canggih dan bekerja tanpa pengenalan suara.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Memang robot Aurora saat ini telah sukses diuji kemampuannya dalam simulasi penerbangan, bukan penerbangan yang sebenarnya. Tapi simulasi pendaratan Boeing 737 itu mendekatkan misi ALIAS yang nantinya robot bisa membantu awak pesawat militer besar. Selain itu, robot itu berpotensi untuk dipakai dalam pesawat komersial. 

Pengembangan teknologi robot itu terus dilanjutkan. Aurora Flight Sciences dan DARPA berharap inovasi ini bisa bermanfaat bagi penerbangan militer di masa depan. 

Seorang sumber yang dekat dengan program ini bahkan mengklaim di masa depan pesawat komersial bisa dikendalikan oleh robot. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya