Satelit Indosat Bantu Wujudkan RI 'Raja' Digital ASEAN

Kesepakatan pembelian satelit produksi Tiongkok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesti

VIVA.co.id – PT Indosat Tbk atau Indosat Ooredoo, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dan PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) menandatangani kesepakatan kerja sama pembelian satelit dengan produsen satelit asal Tiongkok, China Great Wall Industry Corporation atau CGWIC.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengatakan, CGWIC nantinya akan mengerjakan dan mengorbitkan satelit untuk mendukung proyek strategis ini. Satelit tersebut akan dikembangkan dengan menggunakan Chinese DFH 4 Bus yang sudah lulus uji coba sebelumnya.

"Penandatanganan kontrak ini membuktikan komitmen penuh Indosat Ooredoo dalam mendukung program pemerintah untuk memperluas akses broadband, utamanya bagi masyarakat dan pelaku bisnis di Indonesia," ujar Alex saat memberi sambutan di sela penandatanganan tersebut, di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Selain itu, kata Alex, CGWIC akan diluncurkan dengan peluncur Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center di Tiongkok. Satelit baru ini direncanakan diberi nama Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1. Ke depannya, Palapa N-1 akan diposisikan sebagai generasi penerus dari satelit Palapa-D pada slot orbit 113 derajat Bujur Timur.

"Satelit ini akan mengoptimalkan sumber daya spektrum yang ada untuk menyediakan layanan penyiaran dan broadband di seluruh Indonesia. Teknologi yang kami tanamkan di dalam Palapa N-1 adalah High Throughput Satellite," ujarnya.

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

Menurut Alex, akses broadband menjadi kunci utama bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi dan manfaat lebih banyak dari dunia digital.

Palapa N-1 diharapkan mampu membantu mempercepat proses penetrasi broadband di Indonesia, mempercepat terwujudnya masyarakat digital, dan mewujudkan cita-cita pemerintah untuk menjadi negara digital terbesar di Asia Tenggara.

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024