17-5-1954: Peletakan Batu Pertama Laboratorium CERN

Peletakan batu pertama laboratorium CERN
Sumber :
  • CERN

VIVA.co.id – 63 tahun lalu, laboratorium Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir atau Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire (CERN) mulai dibangun. CERN merupakan kompleks laboratorium fisika partikel terbesar di dunia yang terletak di perbatasan antara Prancis dan Swiss, persis di sebelah barat Jenewa.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Pada 17 Mei 1964, peletakan batu pertama (ground breaking) laboratorium yang kelak akan menjadi fasilitas bagi ilmuwan dan peneliti dunia itu dimulai di Meyrin, Jenewa, Swiss.

Dikutip dari Today in Science, Selasa 16 Mei 2017, cikal bakal pembangunan CERN sudah dimulai sejak 12 Desember 1949. Pada waktu itu, European Cultural Conference for a European Institute of Nuclear Physics telah merekomendasikan pendirian laboratorium tersebut. Kemudian pada 1 Oktober 1952, dewan sementara tersebut memilih Jenewa, Swiss menjadi tempat lokasi dibangun laboratorium CERN. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Selanjutnya pada Juni 1953, dewan telah sukses melahirkan referendum pembangunan CERN. Maka setelah disepakati, pada 17 Maret 1954, peletakan batu pertama laboratorium CERN dilakukan di Meyrin, dengan di bawah pengawasan pejabat Jenewa dan anggota staf CERN.

Dalam perkembangannya, CERN dipakai peneliti untuk menyelidiki struktur dasar alam semesta. Ilmuwan menggunakan instrumen ilmiah terbesar dan paling kompleks di dunia itu, untuk mempelajari unsur dasar materi, partikel fundamental. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Partikel dibuat bertabrakan bersamaan mendekati kecepatan cahaya. Proses ini memberikan petunjuk bagi ilmuwan bagaimana partikel berinteraksi dan bagaimana hukum dasar alam. 

Pada 29 September 1954, laboratorium CERN berdiri dengan 12 anggota yaitu Jerman, Belgia, Denmark, Prancis, Yunani, Italia, Norwegia, Belanda, Inggris, Swedia, Swiss dan Yugoslavia. (mus)  


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya