TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Menkominfo: Ransomware Sasar Bisnis Proses Rumah Sakit

RS Dharmais menjadi salah satu korban serangan virus itu.
Menkominfo: Ransomware Sasar Bisnis Proses Rumah Sakit
Menkominfo Rudiantara.  (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyebutkan, serangan perangkat lunak berbahaya atau malware Ransomware Wannacry lebih banyak menyasar bisnis proses di rumah sakit. 

Namun, dia tidak tahu persis kenapa sektor itu yang menjadi target serangan. "Dari data yang ada kebanyakan itu (malware) menyerang bisnis proses RS. Secara teknis sebenarnya bisa saja menyerang semua sektor, tapi saya tidak tahu kenapa hanya menyerang bisnis RS," kata Rudi dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu, 14 Mei 2017. 

Di Indonesia, kata dia, diketahui baru RS Dharmais, Jakarta Barat, yang telah menjadi korban. Akibatnya sistem antrean di RS itu kembali ke zaman dulu alias manual. "RS Dharmais yang pasti, yang lain saya belum tahu," ujarnya. 

Seperti diketahui, malware Ransomware Wannacry telah menyebar dengan agresif di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ransomware menyerang sistem komputer berbasis Windows yang terinfeksi dengan cara mengenkripsi atau 'mengunci' berkas-berkas di sana.

Supaya berkas bisa diakses kembali, pengguna diminta melakukan sejumlah pembayaran elektronik ke pembuat perangkat lunak.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP