14-5-1973: Skylab, Cikal Bakal Stasiun Antariksa Modern

Stasiun antariksa pertama AS, Skylab
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – 44 tahun lalu, Amerika Serikat mencetak sejarah misi eksplorasi antariksa mereka. NASA meluncurkan stasiun antariksa berawak pertama mereka, Skylab.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip dari NASA, Sabtu 13 Mei 2017, Skylab diluncurkan pada 14 Mei 1973. Program Skylab bertujuan membuktikan manusia bisa hidup dan bekerja di antariksa untuk beberapa waktu yang lama. Stasiun antariksa berawak AS ini menjadi cikal bakal munculnya stasiun antariksa internasional atau ISS pada kemudian hari. 

Saat di antariksa, saat itu Skylab menjadi wahana terbaik dalam pengamatan Matahari. Di dalam stasiun itu terdapat laboratorium mikrogravitasi, laboratorium medis, fasilitas pengamatan Bumi dan 'rumah' bagi awaknya. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Program ini juga mengarahkan pada teknologi baru dalam misi antariksa, yakni menciptakan toilet, selimut tidur, shower, peralatan dan fasilitas dapur yang sesuai dan dirancang untuk kondisi mikrogravitasi.  

Skylab meluncur dengan kru di dalamnya yaitu Pete Conrad, Paul Weitz dan Joe Kerwin. Mereka mengorbit bersama stasiun antariksa itu selama 28 hari. Misi stasiun antariksa itu dijalani dengan berbagai tantangan, sejak peluncurannnya. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Saat peluncuran, aliran udara menyebabkan perisai termal pada stasiun terlepas. Dampaknya, melepaskan salah satu dari dua panel surya dan mencegah perisai lainnya tak lepas. 

Kerusakan itu berakibat menurunnya daya Skylab. Maka tugas kru yakni memperbaiki kerusakan. Beruntung, setelah perbaikan selesai, kekuatan penuh Skylab berhasil dipulihkan. 

Kru gelombang kedua yang mengawaki Skylab yakni Alan Bean, Jack Lousma dan Owen Garriott, yang menghabiskan waktu di antariksa selama 59 hari. Kru terakhir yang mengawaki Skylab yaitu Jerry Carr, Bill Pogue dan Edward Gibson, yang menghabiskan 84 hari di stasiun antariksa tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya