11-5-1997: Komputer IBM Bikin Keok Juara Dunia Catur

Pertandingan catur antara manusia dan komputer
Sumber :
  • www.mashable.com/Tom Mihalek

VIVA.co.id – Dua dekade lalu, mesin komputer mampu mengalahkan kekuatan otak manusia. Komputer rancangan IBM, Deep Blue sukses memenangi pertandingan catur melawan juara dunia catur, Garry Kasparov. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dikutip dari Mashable, Rabu 10 Mei 2017, komputer Deep Blue yang sudah ditingkatkan kemampuannya oleh IBM mengalahkan Kasparov dalam game pamungkas catur, hanya dalam 19 langkah. 

Tim IBM gembira, namun Kasparov kecewa. Suasana tegang, sang grand master menuduh tim Deep Blue curang dan dia meminta pertandingan ulang. Tapi tuntutan itu ditolak tim IBM dan memutuskan memensiunkan Deep Blue seusai pertandingan. Dengan demikian, Deep Blue berhak atas hadiah US$700 ribu.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Game pamungkas antara Deep Blue dengan Kasparov pada 11 Mei 1997 itu merupakan rangkaian pertandingan catur ulang antara komputer IBM dan juara dunia itu. Setahun sebelumnya, sang grand master catur total pada Februari 1996 memenangi tiga game dan imbang dua game. Saat itu Kasparov bisa membawa pulang hadiah US$400 ribu.

Pertandingan catur antara manusia dan komputer

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Nah pada seri ulang, pada pertandingan pertama dilaksanakan pada 3 Mei. Hasilnya Kasparov mengalahkan Deep Blue pada game pertama hanya dengan 45 langkah. 

Kemudian, Deep Blue membalas juara dunia tersebut pada game kedua pada 4 Mei. Deep Blue memenangi game kedua dan tiga game selanjutnya yang berlangsung pada 6, 7, dan 8 Mei, berakhir imbang. Pada game pamungkas sang grand master kalah. (art)

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023