Elevenia Ajari Pebisnis Pemula Jurus Digital Marketing

Elevenia menjelaskan soal pemasaran digital
Sumber :
  • Twitter/@eleveniaID

VIVA.co.id – Marketplace elevenia, berbagi pengalaman bisnis dalam memaksimalkan pertumbuhan pemasaran digital di Indonesia.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Senior Manager Search Marketing Elevenia, Glen Lee Vendy mengatakan, pengalaman ini ditujukan bagi mereka yang ingin memulai bisnis platform digital.

Ia menjelaskan, pemasaran digital kini menjadi kebutuhan di tengah fakta pengguna internet di Indonesia yang mencapai 88,1 juta atau setara 34 persen dari populasi penduduk. Rata-rata waktu penggunaan internet Indonesia dari perangkat, desktop atau laptop, selama 4 jam 42 menit per hari. Sedangkan, rata-rata waktu penggunaan internet dari ponsel selama 3 jam 33 menit per harinya.

Tips Kelola Bisnis Fesyen di Era Pandemi

"Sebanyak 80 persen pengguna internet memakai mesin pencari untuk meneliti, menemukan informasi produk, berbelanja serta mencari hiburan. Tren inilah yang menjadi alasan pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis online," kata Glen, di BSD, Tangerang, Banten, Selasa 9 Mei 2017.

Dengan pemasaran digital, Glen menjelaskan, pelaku industri bisa langsung menjangkau dan mengubah prospek menjadi pelanggan untuk kemudian mempertahankannya.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Dia menjelaskan, pemasaran digital adalah peluang baru untuk periklanan dan pemasaran. Penggunaan saluran digital ini bertujuan mempromosikan atau memasarkan produk serta layanan kepada konsumen dan bisnis melalui beragam media.

Mulai dari komputer, tablet, ponsel pintar, papan reklame digital, dan konsol permainan untuk pemasaran produk.

Glen Lee mengungkapkan, area utama pemasaran digital terbagi menjadi lima macam.

Pertama, mesin pencari (search engine marketing). Ini suatu bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas di halaman hasil mesin pencari.

Selain itu ada iklan tampilan (display advertising), yakni periklanan dalam bentuk tampilan online yang muncul di halaman web dalam berbagai bentuk dengan menggunakan visual yang menarik perhatian.

"Selanjutnya, media sosial. Adalah suatu proses untuk mendapatkan perhatian publik," kata Glen,

Kemudian, ada iklan video (video advertising). Glen mengungkapkan, faktanya 89 persen pengguna internet di Indonesia menyaksikan video di YouTube, setidaknya seminggu sekali.

Terakhir, analisis web (web analytics), yakni sebuah studi untuk menemukan perilaku pengguna internet, menganalisis dan mencari solusi untuk memperbaikinya demi berjalannya situs web yang sukses.

"Penggunaan teknologi digital marketing yang tepat bisa membawa dampak signifikan terhadap brand (merek). Tapi, diakui pula biaya yang dikeluarkan tak sedikit," paparnya.

Oleh karena itu, Glen menawarkan solusi bagi pemain baru di bisnis online yang belum punya modal besar, baiknya bergabung di e-commerce, sebab memiliki sistem marketing terintegrasi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya