9-5-1962: Laser Pertama Sampai di Bulan

Lunar Laser Ranging Experiment
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – 55 tahun lalu, tim ilmuwan Institut Teknologi Massachusetts atau MIT, Amerika Serikat mengirimkan sorot sinar laser ke permukaan Bulan dan memantul kembali. Suksesnya pengiriman sinar laser ke permukaan Bulan yang memantul itu merupakan yang pertama kalinya. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip dari Famous Daily, Senin 8 Mei 2017, berhasilnya pengiriman sinar laser itu membuka jalan untuk pengukuran jarak Bumi dan Bulan. 

Eksperimen serupa kemudian dilakukan dengan menggunakan reflektor misi Apollo 11 yang tertinggal di permukaan Bulan. Tujuannya untuk meningkatkan akurasi seberapa jauh jarak Bumi dan Bulan. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Dalam eksperimen selanjutnya, ilmuwan menggunakan cermin Laser Ranging Retroreflector untuk mengaji jarak Bumi dan Bulan. 

Cermin tersebut dipakai misi Apollo 14, 15 dan wahana antariksa Uni Soviet Lunakhod 2. Ilmuwan kemudian kembali mengukur waktu cahaya laser yang dipantulkan. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Pada eksperimen selanjutnya, laser di Bumi dikirimkan ke cermin Laser Ranging Retroreflector yang ditanam di Bulan selama tiga misi Apolllo tersebut dan dua misi wahana antariksa Uni Soviet. 

Secara rinci, pengukuran laser pada cermin reflektor oleh awak Apollo 11 dilakukan pada 21 Juli 1969, dan disusul pada dua lapisan reflektor yang ditinggalkan misi Apollo 14 dan 15.

Pengukuran eksperimen yang terakhir belakangan itu makin akurat. Tak berhenti di situ, ilmuwan terus bereksperimen mengukur laser ke permukaan Bulan melalui misi wahana Lunakhod 1. Awalnya sinyal yang tercermin diterima Lunakhod 1, namun belakangan tidak ada sinyal balasan yang terdeteksi setelah 1971. Sementara eksperimen pada Lunakhod 2 terus mengembalikan sinyal laser ke Bumi. 

Selama bertahun-tahun, ilmuwan membaca dan menganalisis hasil sinar laser tersebut, Hasil analisis menunjukkan Bulan secara perlahan bergerak keluar dari Bumi, dengan kecepatan sekitar 38 milimeter per tahun.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya