Cara Pengusaha Komputer RI Lahirkan SDM TIK Handal

Peluncuran program AXC
Sumber :
  • Apkomindo

VIVA.co.id – Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi mampu menumbuhkan perekonomian. Tapi, pertumbuhan ekonomi digital sayangnya tak dibarengi dengan ketersediaan SDM bidang yang handal. 

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Untuk itu, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) melahirkan program Apkomindo Excellent Center atau AXC. Tujuan program ini adalah meningkatkan mutu kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan TIK dengan baik dan terarah. 

Untuk mencapai tujuan tersebut AXC akan salah satunya akan menyasar dunia pendidikan. Kegiatannya yakni memberi solusi bagi institusi pendidikan dalam mempersiapkan sarana dan prasarana TIK untuk kegiatan pembelajaran berbasis digital, Ujian Sekolah, Ujian Nasional dan Uji Kompetensi Guru berbasis Komputer. 

Prabowo: Saya Atas Nama Prabowo-Gibran Minta Maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar

Selain itu, AXC juga mempersiapkan siswa dan pendidik yang siap TIK, sampai mengedukasi bagi kalangan institusi pemerintahan, lembaga pendidikan dan masyarakat dalam pemanfaatan TIK. 

"Aktivitas awal dalam waktu dekat adalah menyelenggarakan pelatihan bagi 60 guru SM dari Kota Depok dan sekitarnya pada 9-18 Mei 2017," tulis Apkomindo dalam keterangan tertulisnya ke VIVA.co.id, Senin 8 Mei 2017. 

Prabowo Koreksi Pertanyaan Ganjar soal Internet Gratis vs Makan Gratis

Dalam operasionalnya, Apkomindo mengungkapkan, AXC  mendapat sokongan dari vendor pemegang merek, perguruan tinggi, relawan dan komunitas TIK di dalam dan luar negeri. 

AXC juga berdiri dengan program kerja memberi usulan dan konsultasi teknis ke kementerian serta lembaga, pengembangan sumber daya TIK termasuk SDM di seluruh wilayah Indonesia. 

"Serta sosialisasi pemanfaatan TIK dalam bentuk penerapan teknologi tepat guna, pelatihan TIK untuk pengambilan keputusan dan pelaksana harian serta workshop teknologi TIK terkini," ujar Apkomindo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya