Upaya Facebook Tampilkan Berita Berkualitas Anti-Hoax

Ilustrasi Facebook.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Geralt

VIVA.co.id – Pengguna Facebook di Indonesia diajarkan untuk menjadi pembaca dengan keterpaparan informasi yang cukup di era digital saat ini, serta terhindar dari berita menyesatkan (hoax).

Lagi Jurnalis Ditembak Mati di Meksiko, Tahun Ini Sudah 5 Orang

Melalui Facebook Journalism Project, media sosial dari Amerika Serikat ini dirancang untuk mendukung jurnalisme berkualitas dan meningkatkan literasi berita, serta menjadi wadah bertemunya para jurnalis dan publisher.

"Mereka bisa menjajaki perangkat baru yang bisa meningkatkan kemampuan pengumpulan dan penyampaian berita. Pelatihan ini akan diisi oleh para jurnalis profesional agar Facebook bisa menjadi mitra yang lebih baik," kata Aine Kerr, Facebook's Global Manager of Journalism Partnership, Aine Kerr, di Jakarta, Rabu, 3 Mei 2017.

FJPI Serukan Tolak Perempuan Sebagai Objek Negatif Pemberitaan

Tak hanya itu, wadah ini juga untuk membangkitkan ide-ide baru dan segar yang dibangun di Facebook.

"Komunitas ini akan diberikan paparan mengenai berita sehat dan terpercaya. Nantinya, mereka bisa tahu mana berita informatif dan fiktif yang muncul di beranda Facebook," ujarnya.

Jurnalis Perempuan Meksiko Dibunuh padahal Pernah Mengadu ke Presiden

Dalam menggelar pelatihan, Facebook bermitra dengan UNESCO PBB, pemerintah dan Dewan Pers Indonesia, termasuk publisher serta pendidik.

"Intinya, Facebook Journalism Project memperkuat dan memperluas hubungan berkelanjutan dengan para jurnalis. Ini baru langkah awal," tutur Aine. (ase)

ilustrasi kematian

Jurnalis TV dan Model Meksiko Michelle Perez Tewas Terbungkus Seprai

Jasad korban jurnalis dibungkus seprai ditemukan oleh petugas yang sedang memadamkan kobaran api di jalan raya Picacho-Ajusco. Polisi telah melakukan pemeriksaan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022