Teknopedia: Beda Virus dan Malware

Ilustrasi ransomware/malware.
Sumber :
  • uk.reuters.com

VIVA.co.id – Pengguna komputer seharusnya sudah bisa membedakan macam-macam kerentanan yang mengintai keamanan komputer. Tidak hanya virus tapi juga malware dan trojan.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Dalam situs Life Hacker memang ditemukan banyak kejahatan software di dalam komputer. Namun, tidak banyak yang tahu pengertian dari beberapa tindak kriminalitas di komputer yang berbentuk software jahat.

Sebelum mengetahui beda virus, trojan, dan worm, ada baiknya mengerti dulu mengenai malware. Kata malware berasal dari perpaduan antara malicious software atau perangkat lunak berbahaya. Jenis malware berbeda-beda. Mulai dari worm, spyware, trojan, dan segala perangkat lunak yang didesain untuk merusak PC atau mencuri informasi dari perangkat keras.

Bajak Laut Menargetkan Dompet Aset Kripto

Istilah malware sering digunakan bergantian dengan virus, meskipun keduanya tidak memiliki kesamaan. Yang jelas, Symantec menyebut, virus merupakan bagian dari malware. Selain virus, yang termasuk jenis malware lainnya adalah worm, spyware, trojan dan software berbahaya lainnya.

Sementara itu, menurut Life Hacker, virus adalah program yang menyalin dirinya sendiri dan menginfeksi PC, menyebar dari satu file ke file yang lain. Kemudian merambah dari satu PC ke PC lain saat menyalin file yang dibagikan.

Awas, Dark Web Makin Mengganas
Malware.

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Industri perbankan di Indonesia harus waspada. Sebab, baru-baru ini, para ahli keamanan siber dari Kaspersky mendeteksi adanya malware trojan baru bernama Coyote.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024