Pengguna Twitter di Indonesia Dianggap Paling Mahir

Twitter buka rungan offline Blueroom
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Sebagai salah satu negara dengan pengguna terbanyak di dunia, pengguna Twitter di Indonesia memiliki kebiasaan atau tren yang cukup unik. Menurut Dwi Ardiansyah, Head of Business Development Twitter untuk South-East Asia & Australia, pengguna Twitter di Indonesia terbilang sebagai pengguna yang cukup advance atau mahir. 

Membanggakan! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia Yang Masuk Daftar Brand Finance Global 500

"Indonesia bisa dibilang pengguna twitter paling advance, misal soal customer service," kata Ardiansyah, di Hotel Pullman Jakarta, Rabu 3 Mei 2017. 

Dia menjelaskan, interaksi, pengaduan antara pengguna dan sejumlah merek paling banyak dan sering terjadi pada pengguna Twitter Indonesia. "Kita melihat orang lewat Indonesia lebih sering komplain lewat Twitter karena akan dibalas." katanya.

Warga Bawean Beranikan Diri Amankan Barang Berharga usai Gempa di Timur Laut Tuban

Menurutnya, lewat Twitter ada lebih dari 80 persen engagement yang dilakukan oleh pengguna dan sejumlah merek atau pun instansi-instansi lainnya. Seperti misalnya TMC Polda Metro Jaya. 

"Saya juga punya pengalaman sendiri, waktu di mobil dan ada pohon tumbang, dan itu langsung saya posting di Twitter. Dinas Pertamanan DKI Jakarta membaca dan saya dibalas, tidak sampai beberapa menit. Akhirnya media melihat dan meneruskan," kata dia. 

Tak Lolos ke Parlemen, PPP Bubarkan Bappilu Pimpinan Sandiaga Uno

Ardiansyah mengakui, Twitter dianggap sebagai sumber informasi untuk mendeliver info secara cepat di Indonesia. Makanya Twitter identik dengan 'What's happening now'.

Fitur Twitter Lite

Untuk semakin memudahkan pengguna di Indonesia, bahkan yang terkendala kuota internet, Twitter pun memberikan akses ke aplikasi yang lebih ringan, Twitter Lite, yang digadang hanya memiliki berat 1 MB. 

"Dengan mode ini, gambar dan video akan masuk mode pratinjau lebih dulu sebelum pengguna memilih gambar atau video yang ingin dilihat. Ini dilakukan guna menghemat penggunaan data hingga 70 persen, menjadikannya lebih terjangkau untuk area dengan harga paket data yang mahal," ujar Ardiansyah.

Selain itu, kapasitas memori kurang dari 1 MB membuat pengalaman berselancar lebih ringan. Twitter Lite memiliki ukuran yang relatif ringan dengan pemuatan konten yang 30 persen lebih cepat.

Di samping itu, Ardi juga menjelaskan, Twitter Lite menyediakan notifikasi otomatis (push notifications), yang membuat pengguna Android tidak perlu khawatir merasa tertinggal karena mereka dapat memilih untuk menerima notifikasi tentang apa yang sedang terjadi di Twitter.

"Jadi mereka bisa tahu apa yang sedang ramai dibicarakan seputar dunia hiburan dan olahraga, baik di dalam negeri maupun internasional," ujarnya menambahkan. 

Selain itu, pengguna tidak akan mengalami gangguan ketika mereka kehilangan koneksi saat sedang menggunakan Twitter, karena Twitter Lite menawarkan dukungan offline. 

"Pengguna dapat menambahkan Twitter Lite ke layar utama ponsel, yang dapat memudahkan akses hanya dengan satu sentuhan," kata dia.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya