Saat Siri Selamatkan Nyawa Nelayan

Ponsel iPhone.
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi

VIVA.co.id – Asisten virtual Apple, Siri ternyata dapat diandalkan pada situasi darurat. Siri ternyata tak hanya bisa dipakai untuk membantu pengguna Apple melakukan pencarian internet dengan perintah suara. Pekan lalu Siri berhasil menyelamatkan tiga nelayan yang terancam nyawanya karena kapal mereka tenggelam. 

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Menurut laporan Fox 4 yang dikutip Mashable, Selasa 2 Mei 2017, Siri membantu nelayan yang kritis untuk memanggil kontak darurat 911. 

Kisah ini bermula pada Sabtu pagi, saat tiga nelayan melaut empat mil dari bibir pantai Key Biscayne. Ketiga nelayan bermaksud mencari ikan, namun cuaca nyatanya tak bersahabat. Gelombang ombak laut malah meninggi. Dalam waktu sebentar, air memasuki kapal berukuran 5,4 meter yang ditumpangi nelayan tersebut.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Air kemudian makin banyak yang masuk dan lama kelamaan kapal menunjukkan tanda-tanda tenggelam. Saat situasi darurat itu, salah satu nelayan meraih iPhone 7 miliknya dan berusaha memanggil pertolongan lewat kontak 911. Namun, karena jari tangan sang nelayan basah dan situasi sekitar penuh air, sang nelayan itu tak bisa memanggil 911 pada layar sentuh iPhone 7. 

Situasi makin darurat. Kemudian nelayan lainnya berinisiatif menggunakan Siri untuk mengontak 911. Beruntung, Siri berfungsi dengan baik dan bisa terhubung dengan panggilan darurat 911. 

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

"Mereka punya iPhone 7. Dia (nelayan) tidak bisa mengakses layar sentuh dengan jarinya karena basah, kemudian dia menggunakan Siri untuk memanggil 911,” ujar Sersan James Barrett menceritakan situasi darurat tiga nelayan tersebut. 

Setelah terkontak dengan layanan darurat 911, helikopter penjaga pantai tak lama menuju lokasi kapal tiga nelayan tersebut. Mereka pun dievakuasi oleh penyelam. Ketiganya kemudian dievakuasi dari tengah laut setelah datang polisi Miami-Dade.

Apple.

Apple Bagi-bagi Undangan

Apple akan menggelar hajatan perdana di tahun ini yang bertema 'Let Loose' bakal digelar pada 7 Mei merilis tablet iPad Pro dan iPad Air serta Apple Pencil.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024