Dikritik, Iklan XL dan Indosat yang 'Sindir' Telkomsel

Telkomsel saat memasarkan layanan 4G LTE.
Sumber :
  • Vivanews/Agus

VIVA.co.id – Kasus peretasan situs Telkomsel yang terjadi Jumat pagi tadi dijadikan momen untuk mempromosikan paket internet dua operator kompetitor. Ternyata aksi kedua operator itu dianggap tidak beretika.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Menurut anggota komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Ketut Prihadi, memanfaatkan situasi di saat kompetitor lainnya tengah menghadapi kesulitan memang tidak melanggar regulasi telekomunikasi. Namun, dalam etika pariwara, hal itu dianggap melanggar.

"Tidak ada aturannya dalam regulasi telekomunikasi untuk memanfaatkan situasi dari kesusahan kompetitor lain. Namun dalam etika pariwara tidak boleh menjelek-jelekkan kompetitor karena siapapun bisa mengalami hal serupa," ujar Ketut dalam keterangannya, Jumat, 28 April 2017.

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

Dikatakan Ketut, meskipun operator telekomunikasi memiliki semangat berkompetisi yang tinggi, tidak boleh memanfaatkan situasi dimana pesaingnya yang tengah mengalami masalah. 
Bahkan seharusnya XL dan Indosat bisa menunjukkan rasa solidaritas.

"Seharusnya mereka memiliki etika. Konsumen kan saat ini bisa melihat kelakuan Indosat dan XL kenapa menjelek-jelekkan kompetitor yang terkena musibah," katanya.

Selain Video Call, Pemakaian Tiktok dan IG Naik Saat Lebaran

Ketut menghimbau agar dikemudian hari XL dan Indosat tidak melakukan perbuatan sama yang dinilai tidak terpuji tersebut. Jika ada kejadian serupa seperti yang dialami Telkomsel, Ketut berharap operator lainnya dapat menunjukkan empatinya. (ren)

Menara BTS Telkomsel.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Telkom Indonesia dan SingTel sahkan direksi baru Telkomsel.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020