Bocoran Rahasia Kerja Kamera Cool Dual

Coolpad Cool Dual
Sumber :
  • Viva.co.id/Afra Augesty

VIVA.co.id – Coolpad luncurkan produk smartphone terbarunya Cool Dual. Ini merupakan lini produk berikutnya setelah mereka sukses dengan Coolpad Max dan Max Lite, serta Fancy 3.

Coolpad Fancy Pro, RAM 3GB Harga di Bawah Rp2 juta

Dalam Cool Dual, Coolpad mulai ikut tertarik menanamkan dua kamera untuk kepentingan selfie. Dua kamera dipercaya mampu menghasilkan gambar yang lebih ciamik.

Asia Pacific Region Country Manager Coolpad, Kim Chen membocorkan tentang keunggulan dari smartphone buatan China ini. Menurutnya, yang membuat Cool Dual terlihat lebih canggih, dari smartphone buatan Negeri Tirai Bambu lainnya, yakni dual kamera yang diadaptasi dari penggabungan teknologi dua jenis ponsel pintar ternama.

Investasi Rp100 Miliar, Coolpad Targetkan Jual 1 Juta Ponsel

"Sekarang kami memiliki dua cara dalam mengaplikasikan dual kamera ke produk kami di industri. Pertama, cara iPhone. iPhone memakai satu kamera untuk menangkap gambar dan kamera lainnya sebagai lensa. Saya pikir kalian tau lah. Kedua Xiaomi yang juga memiliki produk dual kamera," ujarnya di Jakarta.

Dikatakan Chen, teknologi yang diadopsi Coolpad sama. Perbedaan hanya terletak pada jumlah unit yang diproduksi ke pasar. Mereka udah mengenalkan dual kamera sejak 2014, lebih dulu dari iPhone dan Xiaomi yang mengumumkannya tahun lalu.

Dua Smartphone Coolpad Sudah 4G LTE, Tapi Dihadang TKDN

Meski Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Cool Dual masih 20 persen, ia menekankan bahwa pada bulan September 2017 nanti TKDN dari ponsel pintar yang pabriknya ada di Surabaya ini ditargetkan sudah memenuhi standar 30 persen.

"Kami sudah bersertifikat, tapi TKDN kami masih pakai tahun 2016. Masih 20 persen. Tahun ini diusahakan 30 persen, September atau Oktober," ucapnya.

Maudy Ayunda memegang Coolpad Dual

Di sisi lain, Cool Dual yang berkapasitas 32GB ini tidak dilengkapi dengan slot Micro SD, sehingga dikhawatirkan tidak ada space tambahan untuk menampung data apabila kelebihan memori telefon. Meski demikian, Coolpad pede mampu menjual sedikitnya 150.000 unit Cool Dual di pasar Indonesia pada tahun 2017. 

Spesifikasi

Dual kamera dalam smartphone ini dilengkapi resolusi 13+13 Megapixel dengan fitur kombinasi optikal dan digital zoom, lensa untuk pengambilan gambar ultra-wide dan efek bokeh. Kecepatan auto fokus kedua kamera yakni 0.1 detik, dengan perbedaan fungsi di dalamnya.

Satu kamera RGB untuk menghasilkan warna pada gambar, sedangkan satu kamera lainnya untuk mengambil gambar hitam putih atau monokrom. Selain dual kamera belakang, kamera selfie beresolusi 8MP pun disematkan dengan arsitektur PureCel pixel f2.2, pengguna dapat menggunakan stiker untuk mempersonalisasi swafotonya, atau bisa langsung menghasilkan foto dalam format GIF.

Lampu flash dua warna juga dipasang di bagian belakang body ponsel. Cool Dual dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 652 1.8GHz Octa-core, serta Adreno 510 dan RAM 3G. Android Marshmallow dipasangkan dengan tampilan antarmuka EUI 5.8. Selain itu, ponsel ini memiliki waktu stand by hingga 300 jam. Durasi ini diklaim mampu menghemat baterai Cool Dual yang berkapasitas 4000mAh itu. 

Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp3.199.000 di offline store.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya