27-4-1880: Paten Pertama untuk Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar
Sumber :
  • REUTERS/Heinz-Peter Bader

VIVA.co.id – Paten pertama untuk alat bantu dengar diberikan kepada Francis D Clarke dan MG Foster. Paten itu didaftarkan keduanya di kantor pencatatan hak intelektual di Amerika.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Keduanya memasukkan alat bantu dengar ke dalam daftar paten dengan nama "Perangkat untuk Membantu yang Tuli agar Mendengar". Nomor paten yang tercatat adalah 226,902. Demikian dilansir Today Insci.

Alat bantu dengar merupakan suatu alat akustik listrik yang dapat digunakan oleh manusia dengan gangguan fungsi pendengaran pada telinga. Biasanya alat ini dapat dipasang pada bahagian dalam telinga manusia atau pun pada bagian sekitar telinga.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Alat bantu dengar tersebut dibuat untuk memperkuat rangsangan bahagian sel-sel sensorik telinga bagian dalam yang rusak terhadap rangsangan suara dan bunyi-bunyian dari luar. 

Alat Bantu dengar tersebut merupakan sebuah alat elektronik yang dalam pemakaiannya terdapat mikrofon. Mikrofon itu mengubah gelombang dari suara menjadi energi listrik yang kemudian diterima amplifier yang dapat memperbesar volume suara dan mengirimkannya pada speaker yang ada pada bagian dalam telinga.

Kampung Ini Jadi Tempat Koleksi Kamera Terbesar di Dunia

Dalam sejarahnya, alat bantu dengar ditemukan di abad ke-17, oleh pria Jerman bernama Marcus Banzer. Sedangkan komersialisasi alat bantu dengar dimulai pada 1901, bernama Acousticon, dengan penyempurnaan yang dilakukan oleh Miller Reese Hutchinson.

Koper bertenaga AL

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Koper AI tenaga canggih ini juga menawarkan umpan balik kepada para penggunanya, yakni tunantera baik melalui komponen percakapan bawaan, serta sensor haptik di pegangan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023