Pendiri Wikipedia Bikin Situs untuk Berantas Hoax

Logo Wikipedia.
Sumber :
  • http://iampxr.deviantart.com

VIVA.co.id – Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, membuat situs baru berisi kumpulan berita yang melibatkan jurnalis dan komunitas. Situs yang diberi nama Wikitribune ini dibuat untuk memberantas hoax.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Dilansir melalui Telegraph UK, Wikitribune merupakan inisiatif Wales yang akan memperlihatkan kerja sama profesional dari jurnalis dan komunitas yang berkontribusi untuk memproduksi berita dunia berdasar fakta dan pengecekan.

"Wikitribune adalah berita dari masyarakat untuk masyarakat. Situs ini bisa dikonsumsi gratis, namun tidak menutup pintu jika ada yang mendukung melalui donasi," ujar Wales.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi

Dikatakan Wales, jika ada pendukung yang ingin memberikn donasi rutin per bulan, donatur tersebut bisa menyarankan topik yang akan diliput. Namun bentuk tulisan yang dibuat akan menyertakan transkrip penuh dari hasil wawancara. Ini merupakan bagian dari komitmen Wales untuk menerapkan transparansi.

"Ini adalah pertama kalinya jurnalis profesional dan jurnalis warga bekerja bersama menulis berita, mengedit dan mencari kebenaran melalui cek dan ricek," katanya.

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Wikitribune dibuat Wales sebagai salah satu alternatif baru di dunia berita online. Selama ini, Google dan Facebook kerap dipersalahkan karena dianggap paling bertanggug jawab dalam penyebaran berita palsu (hoax).

Untuk mencegah itu pun, Wales sangat bergantung pada dukungan donasi. Dengan donasi rutin, Wales akan membatasi tayangan iklan online. Langkah ini dipercaya bisa meredam beredarnya hoax.

"Konsep dasarnya adalah memafaatkan komunitas untuk bisa menciptakan platform berita. Mirip dengan pola Wikipedia yang mengandalkan Wiki Communitites," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya